Selasa, 17 Des 2019 10:30 WIB

Berencana Punya Anak Lebih dari Empat? Ini Pesan Dokter Soal Risiko Kematian

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Melahirkan banyak anak berisiko memicu kematian ibu. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta - Anggapan 'banyak anak banyak rezeki' memang perlu dihapuskan saat ini. Tak hanya berat di ongkos, risiko angka kematian ibu (AKI) juga dapat meningkat ketika melahirkan terlalu banyak anak.

Angka kematian ibu dapat meningkat pada kehamilan yang ke empat kali. Hal ini akan menyebabkan kelelahan pada rahim, dan menimbulkan risiko pendarahan.

Ahli spesialis kandungan, dr Ari Waluyo, SpOG, menekankan pentingnya kesadaran membatasi kelahiran anak tidak lebih dari tiga kali, agar risiko kematian pada ibu tidak terjadi.


"Kalau misalnya dibilang zaman dulu banyak yang punya anak dan tetap sehat, ya ada. Cuman jaman dulu kan pencatatan nggak sebaik sekarang. Mungkin (dulu) banyak yang meninggal tapi nggak tercatat. Kalau sekarang kan tercatat semua, jadi bisa lebih tau," kata dr Ari saat ditemui detikcom, pada Senin (16/12/2019).

dr Ari juga menjelaskan, terdapat penelitian yang menunjukkan, bahwa ibu yang mengalami kehamilan lebih dari empat kali dapat meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan berat bayi yang rendah.

"Kalau berat bayinya rendah, dia mempunyai risiko asfiksia (bayi tidak bisa bernapas secara spontan) dan lain-lain, yang bisa menyebabkan kematian pada bayinya. dan justru berisiko pada bayinya juga tak hanya ibunya," ucap dr Ari.


Simak Video "Kenali Gejala Infeksi Virus Corona COVID-19 pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)