Selasa, 17 Des 2019 11:36 WIB

Selebgram Laura Anna Galang Donasi karena Saraf Kejepit, Kenali Gejalanya

Nurul Khotimah - detikHealth
Selebgram mendadak viral di medsos karena unggahan permohonan donasi. (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta - Seorang selebgram Edelenyi Laura Anna (19) mendadak viral di media sosial (medsos) karena unggahan permohonan donasi oleh kekasihnya. Disebutkan di halaman penggalangan dana, ia mengidap "Servikal Vertebat Disslocation".

"Laura mengalami syaraf terjepit selama kurang lebih 4 hari yg menyebabkan laura tidak bisa bergerak secara normal, Laura melakukan pemeriksaan lebih lanjut di RS Umum Mayapada, Jakarta Selatan," tulis sang kekasih.

Dislokasi tulang leher atau Cervical Vertebra Dislocation merupakan cedera yang umum ditemukan. Tulang belakang leher merujuk pada vertebra di leher. Jenis cedera ini paling sering disebabkan oleh kecelakaan mobil, tabrakan olahraga, dan terjatuh hingga mengenai kepala dan leher.


Dikutip dari study.com, gejala cedera yang menyertai Cervical Vertebra Dislocation biasanya meliputi:

- Nyeri hebat di leher
- Nyeri yang menjalar ke bahu dan lengan
- Mati rasa dan kesemutan di ekstremitas atas
- Kelemahan pada ekstremitas atas
- Kekakuan pada ekstremitas atas

Cedera ini berdampak pada ekstremitas atas karena saraf di leher mengontrol otot-otot di ekstremitas atas. Akibatnya, kerusakan pada saraf di leher dapat menyebabkan kelemahan, kekakuan, dan mati rasa di bahu, lengan, dan tangan.

Beberapa pengobatan perlu ditempuh untuk mengatasi cedera ini. Selain langsung mendatangi dokter untuk mendapatkan pengobatan medis, terapi fisik juga biasanya direkomendaskan. Karena dislokasi ini mengakibatkan kelemahan atau kekakuan pada leher sehingga membutuhkan juga terapi fisik.

Terapi fisik akan mencakup latihan dan peregangan yang dirancang untuk membantu leher dan ekstremitas atas mendapatkan kembali kekuatan dan rentang gerak mereka.



Simak Video "Pada Saat Seperti Inilah Tenaga Terapis Wicara Sangat Dibutuhkan"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)