Selasa, 17 Des 2019 12:35 WIB

Aktris China Menderita Luka Bakar Setelah Terapi Bekam Api

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi bekam api. Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Aktris China mengalami luka bakar derajat dua setelah menjalani terapi bekam yang dilakukan tidak dengan benar. Adalah Deng Sha (34), pemeran drama series China 'Yanxi Palace'.

Setelah syuting, Sha pergi untuk terapi bekam api. Namun apa yang terjadi? Dikutip dari Asia Wire, terapis menggosok kulit punggungnya dengan alkohol dan secara tidak sengaja membakar punggungnya hingga melepuh.

Ia dilarikan ke Beijing Jishuitan Hospital untuk mendapatkan perawatan karena perdarahan, kulitnya melepuh, dan bernanah yang bisa menyebabkan infeksi. Lukanya pun diduga akan permanen.

Bekam merupakan terapi yang sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satu jenisnya adalah bekam api yang banyak dipraktikkan di China dan Timur Tengah. Cup yang digunakan biasanya terbuat dari kaca, keramik, atau plastik yang menyedot kulit.



Pada bekam api, bola kapas direndam dahulu dalam alkohol murni dan kemudian dinyalakan. Setelah itu dimasukkan lah ke dalam cup dan dengan cepat apinya dihilangkan hingga hanya menyisakan asap saja.

Api menghabiskan oksigen dalam cup, yang pada gilirannya akan menciptakan tekanan negatif dalam cup dan menyebabkan pengisapan pada kulit. Ketika cup dilepas, terdapat lingkaran hitam yang tertinggal karena pecahnya pembuluh kapiler, pembuluh darah kecil yang bercabang di bawah lapisan kulit.

Pada kasus yang dialami Sha, terapi bekam api tidak dilakukan dengan benar. Sha pun menyarankan para fans untuk tidak melakukan terapi bekam api jika tidak dilakukan oleh terapis profesional.



Simak Video "Bekam Tanduk Sapi, Pengobatan Terapi Alami yang Istimewa"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)