Selasa, 17 Des 2019 15:55 WIB

Tips Tetap Ngemil Sehat Saat Liburan

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Banyak orang mengambil cuti untuk beristirahat selama libur Natal dan Tahun Baru. Ketika musim libur, sebagian orang akan menghabiskan sebagian minggu di bulan Desember untuk jalan-jalan atau mengunjungi keluarga.

Apakah Anda juga punya rencana untuk pergi liburan di bulan Desember? Sebelum pergi berlibur sebaiknya Anda mulai menata kembali bekal makanan dan mengatur jadwal kegiatan. Hal itu karena beberapa orang tak bisa mengontrol makanan dengan ngemil apa saja yang menyebabkan berat badan naik, bahkan menimbulkan penyakit setelah liburan usai.

"Biasanya memakan camilan atau ngemil, sering dilakukan pada saat jam makan besar, dan kadang kala belum masuk saat makan camilan kita sudah mulai mencari camilan. Ini terjadi biasanya terjadi saat dinas malam, saat nonton televisi, saat sendirian, dan saat traveling. Kondisi ini seiring karena bosan yang membuat kecenderungan ngemil bertambah dari rasa lapar itu sendiri," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth, baru-baru ini.


Meski saat liburan melakukan aktivitas berbeda dari rutinitas di hari kerja, sebaiknya Anda tetap makan menu sehat dan olahraga agar badan tetap sehat. Menurut dr Muliaman, menjaga asupan camilan dan makanan selama dalam perjalanan atau berlibur memang hal yang cukup sulit dikontrol.

"Seringkali camilan yang dikonsumsi tidak sehat seperti fast food, gorengan, soft drink dan makanan terlalu manis, permen, dan ice cream," ujarnya.

Padahal, lanjut dr Muliaman, jika camilan tersebut dikonsumsi terlalu sering dan rutin tentu akan membuat orang akan terjadi peningkatan kadar gula darah, tinggi tekanan darah dan kolesterol darah yang tinggi. Bahkan, berujung menjadi penyakit lain seperti obesitas, hipertensi dan diabetes.

Oleh karena itu kurangi mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan walaupun di hari libur. Jangan biarkan perut terlalu kelaparan, karena secara otomatis Anda ingin mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, minyak, serta manis.

"Oleh karena itu pilihlah camilan yang sehat dan membuat kenyang kamu lebih bisa bertahan lama seperti buah yang tidak terlalu manis, salad dengan tidak terlalu banyak garam, yoghurt yang rasa plain dan susu rendah lemak," ujarnya.


Terakhir, konsumsi pula multigrain yang merupakan tipe makanan ringan yang sehat. Umumnya campuran dari beberapa biji-bijian dari biji gandum, jagung, barleygranola, almond, buah kering dan cokelat. Agar tetap ngemil sehat, coba camilan multigrain seperti Fitbar. Snack bar yang rendah lemak, rendah kalori, tinggi serat, dan kaya akan nutrisi ini bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan pastinya menyehatkan.

Simak Video "Mengenal CrossFit, Olahraga yang Digemari Ashraf Sinclair"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)