Selasa, 17 Des 2019 19:30 WIB

Hati-hati, Pakai Ponsel di Malam Hari Bisa Ganggu Urusan Ranjang

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Menggunakan gadget di malam hari bisa mengganggu urusan ranjang. Foto: Thinkstock
Jakarta - Ponsel memang terbukti memudahkan hidup kita sehari-hari, namun di sisi lain ponsel juga bisa mengganggu kehidupan kita. Salah satunya adalah kehidupan seksual, yang dibuktikan oleh studi terbaru.

Studi yang dilakukan departemen kesehatan seksual di Cheikh Khalifa Ben Zayed International University Hospital di Maroko mengungkapkan data mengejutkan adanya 60 persen peserta studi mengaku kehidupan seksualnya terganggu karena ponsel.

Sekitar 600 orang terlibat dalam studi ini dan 92 persen di antaranya menggunakan ponsel mereka saat malam, terutama sebelum tidur.

"Sejumlah 50 persen dari para peserta menyatakan 'tidak merasa nyaman' dengan kehidupan seksual mereka karena porsi waktu lebih banyak dialokasikan untuk penggunaan ponsel," tulis laporan studi tersebut, demikian dilaporkan situs Times of India.


Survei lainnya dilakukan tahun lalu oleh SureCall, perusahaan yang memproduksi alat untuk mendorong penerimaan sinyal ponsel di Amerika Serikat. Ditemukan adanya 17 persen milenial bahkan menggunakan ponselnya selama seks.

Sebanyak tiga perempat peserta menyebut mereka tidur dengan ponsel berada di kasur atau sebelah kasur mereka semalaman. Mereka yang tidur dengan ponsel berada dekat mereka dua kali lebih mungkin mengaku bahwa mereka merasa takut atau cemas apabila jauh dari ponsel.

Yang mengkhawatirkan, orang-orang ini dua kali lebih mungkin juga mengungkapkan bahwa mereka entah mengapa tidak puas dengan hidup mereka, klaim survei tersebut.

Ditambah lagi dengan studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Durham University dengan rekanan pembuat kondom Durex menemukan bahwa banyak orang lebih merasa terangsang oleh ponsel mereka ketimbang pasangan mereka. Sepertiga peserta mengaku menjawab telepon masuk di tengah-tengah seks.

"Membawa gadget ke dalam kamar tidur memiliki potensi bahaya serius pada hubungan," pungkas Mark McCormack, salah satu penulis dan pewawancara.



Simak Video "Dokter Boyke Sayangkan Kurangnya Pendidikan Seks untuk Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)