Rabu, 18 Des 2019 15:45 WIB

Gerhana Matahari Cincin Melintas 26 Desember, Ini Tips Aman untuk Melihatnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Bagaimana cara melihat gerhana matahari cincin dengan aman? (Foto: Hasan Al Habshy)
Jakarta - Gerhana matahari cincin akan melintasi wilayah Indonesia pada 26 Desember 2019. Gerhana matahari cincin diprediksi akan dimulai pukul 12.15 WIB dan memasuki fase puncak pada 12.17 WIB.

Namun, amankah bila kita melihat gerhana matahari cincin dengan mata telanjang?

dr Zeiras Eka Djamal SpM dari Jakarta Eye Center menegaskan gerhana matahari cincin pada dasarnya tidak bisa dilihat secara mata telanjang. Maka dari itu, diperlukan kacamata pelindung untuk melihat gerhana matahari cincin.

"Gerhana matahari cincin memang tidak bisa dilihat secara mata telanjang ya, harus memakai kacamata pelindung, karena khawatir nanti cahaya yang terkena mata akan membuat retina rusak," jelasnya saat dihubungi detikcom, Rabu (18/12/2019).
Kacamata pelindung untuk melihat gerhana matahari cincin menggunakan kacamata khusus. Kacamata ini hadir dengan bahan sejenis kromium atau alumunium untuk melemahkan pancaran radiasi inframerah.

Bahan yang ada dalam kacamata khusus ini merupakan sebuah filter yang diyakini bisa mengurangi dampak berbahaya yang terjadi saat melihat gerhana matahari cincin.


Simak Video "Ini Lho Cara Bedakan Masker Bedah Asli atau Palsu"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)