Rabu, 18 Des 2019 19:01 WIB

Sering Jajan Sembarangan di Sekolah Bisa Picu Hipertensi pada Anak

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi jajanan sekolahan. (Foto: GettyImages)
Jakarta - Beraktivitas di lingkungan sekolah yang dikelilingi berbagai macam jajanan makanan, memang suatu hal yang biasa bagi anak-anak. Namun, seringnya mengonsumsi jajanan sekolah secara sembarangan, tentu dapat meningkatkan risiko terserang penyakit, salah satunya adalah hipertensi (tekanan darah tinggi).

Menurut ahli spesiaslis anak, Prof Dr dr Partini Pudjiastuti Trihono, SpA(K), MM(Paed), mengonsumsi jajanan secara sembarangan yang mengandung micin atau penyedap rasa bisa sebabkan anak terkena hipertensi, karena faktor kandungan garam di dalamnya.


"Sebenarnya (micin) utamanya adalah garam, micin atau penyedap rasa kan mengandung garam juga. Garam itu kalau kita makan terlalu tinggi di dalam tubuh, menyebabkan dia menahan air. Airnya tertahan, sehingga di dalam pembuluh darah kita itu relatif volume airnya lebih tinggi dan mengakibatkan tekanan," kata Prof Partini saat ditemui, pada Rabu (18/12/2019).

Hipertensi yang sudah dialami ketika di usia anak dan tidak terdeteksi, akan berakibat semakin buruk pada saat dewasa, bahkan bisa mengakibatkan penyakit stroke.

"Kalau kita lihat dari itu besar (dampaknya), berdasarkan penelitian di Amerika itu dalam dua dekade (20 tahun) itu bisa naik sampai 4 kali risikonya," ucap Prof Partini



Simak Video "Ayo Buktikan Mitos Darah Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)