Kamis, 19 Des 2019 14:48 WIB

Adian Napitupulu Sudah Pasang 5 Ring, Kenapa Bisa Kolaps?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Politikus Adian Napitupulu Audrey-detikcom)
Jakarta - Politisi PDIP, Adian Napitupulu dikabarkan kolaps saat berada di dalam pesawat dengan tujuan Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Ia juga disebutkan memiliki riwayat penyakit jantung dan sudah pasang 5 ring.

"Sakitnya heart attack, jantung, memang ada problem karena sudah pasang ring 5," kata politisi PDIP Eva Kusuma Sundari kepada wartawan, Rabu (18/12/2019).

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr Vito Damay, SpJP(K), MKes, FIHA, FICA, sebenarnya setelah seseorang sudah terpasang ring di jantungnya tidak perlu khawatir lagi akan kambuh. Si pasien bisa kembali beraktivitas, tapi dengan beberapa catatan.



"Kalau setelah pasang ring sebenernya memang tidak masalah kerja lagi. Dengan catatan, kalau pemasangan ring itu karena serangan jantung tetap ada masa pemulihan dulu dan obat-obat yang diminum disiplin," kata dr Vito dalam pesan pendek yang diterima detikcom beberapa waktu lalu.

"Obat ini menjaga agar tidak terjadi bekuan darah tiba-tiba kembali menyumbat pembuluh darah koroner jantung," tambahnya.

Dari pengalamanya selama praktik, dr Vito sering menyarankan pada pasiennya agar tidak gegabah dalam memilih aktivitas yang akan dilakukan. Si pasien disarankan menghindari untuk coba-coba aktivitas berat, dengan tujuan membuktikan dirinya sudah kuat dan merasa jauh lebih baik.



Simak Video "Adian Kolaps, Ini Risiko Pengidap Penyakit Jantung Naik Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)