Kamis, 19 Des 2019 17:44 WIB

KLB Hepatitis A di Depok Jadi 306 Kasus, 2 Ditemukan Bulan Desember

Widiya Wiyanti - detikHealth
Penyakit hepatitis menyerang hati. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Sejak bulan November lalu, wabah hepatitis A yang bermula dari SMPN 20 Depok telah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Hingga kini, Dinas Kesehatan Kota Depok telah mencatat ada 306 kasus.

"Laporan ke Pak Menteri waktu itu 262 kasus, setelah 2 Desember tidak ada lagi kasus. Selama masa itu menerima laporan-laporan dari rumah sakit, (kini) 306 kasus di November dan di Desember ada 2 (kasus) yang baru," jelas Kepala Dinkes Kota Depok drg Novarita saat ditemui di RS Universitas Indonesia, Kamis (19/12/2019).

drg Nova tidak mengetahui detail dua orang yang terinfeksi hepatitis A ini berasal dari usia berapa. Namun kepada detikcom, drg Nova mengatakan bahwa keduanya masih dirawat dan kondisinya kian membaik.


Status KLB hepatitis A di Depok ditetapkan dari 20 November 2019 dan diperkirakan berakhir pada 20 Januari 2020 mendatang. Namun status KLB bisa dicabut lebih awal jika tidak ada lagi orang yang terinfeksi hepatitis A setelah dua minggu dari kasus terakhir ditemukan.

Dinkes Kota Depok pun telah menyurati berbagai instansi lintas sektor di wilayahnya untuk mewaspadai wabah hepatitis A ini dengan menginformasikan segala hal mengenai penyakit menular tersebut.

"Menginformasikan apa itu Hepatitis A, gejala, pencegahan, agar disampaikan lagi ke komunitasnya," pungkas drg Nova.



Simak Video "Awal Mula Hepatitis A di Depok yang Jangkiti Ratusan Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)