Jumat, 20 Des 2019 07:33 WIB

Menguap dan Mudah Lelah Tanda Tubuh Kurang Oksigen

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: Shutterstock
Jakarta - Padatnya aktivitas masyarakat urban membuat tubuh membutuhkan suplai oksigen yang cukup. Hal ini penting sebab tanpa suplai darah yang mengandung cukup oksigen, jaringan atau organ tubuh tidak bisa bekerja dengan baik.

Kondisi seperti ini tentunya bisa mengakibatkan hal yang membahayakan apabila tidak diatasi dengan cepat. Sebab, oksigen dalam tubuh berkurang juga bisa berdampak pada menimbunnya asam laktat.

Ini merupakan hasil metabolisme karbohidrat tanpa menggunakan oksigen. Alhasil, daya tahan tubuh akan berkurang, mudah lelah dan menjadi pegal-pegal. Sering menguap juga menunjukkan tanda bahwa otak kekurangan oksigen.


Maka dari itu, tubuh harus segera mencukupi kebutuhan energi dan suplai oksigen yang cukup agar dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dilansir Health Harvard berikut beberapa ulasan mengenai cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit dan tetap sehat.

Atur Pola Makan

Konsumsi makanan berlebih atau kurang dapat mempengaruhi sel-sel imun tubuh. Seseorang dengan dengan gizi yang kurang atau obesitas berisiko mudah terserang penyakit.

Karenanya, atur pola makan dengan baik merupakan langkah yang tepat. Kurangi konsumsi gula atau garam dan makanan yang berlemak seperti gorengan. Selain dapat meningkatkan kolesterol jahat, hal ini menyebabkan cepat lelah.

Luangkan Waktu Berolahraga

Kebanyakan masyarakat urban yang sibuk dengan rutinitas kantor, lupa untuk meluangkan waktu berolahraga. Padahal dengan olahraga metabolisme tubuh akan bekerja dengan baik sehingga bisa mengeluarkan zat beracun di dalam tubuh.


Selain itu, rutin olahraga seperti jalan kaki selama 30 menit juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta meningkatkan kadar oksigen yang dapat membantu mengatasi darah rendah.

Beri Stimulus dengan Suplemen

Selain menerapkan pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan berolahraga, konsumsi suplemen juga dapat menjadi pilihan untuk menjaga daya tahan tubuh dan memenuhi kebutuhan zat gizi. Dilansir dari Fishqua, suplemen berbahan dasar squalene dari minyak hati ikan hiu ini dapat meningkatkan suplai oksigen dalam sel-sel tubuh.

Menguap dan Mudah Lelah Tanda Tubuh Kurang OksigenFoto: Dok. Istimewa

Kandungan squalene pada Fishqua akan bekerja sebagai antioksidan yang mengikat oksigen tunggal dari oksidasi lemak yang terjadi di dalam tubuh akibat paparan sinar matahari atau polusi.

Squalene akan bereaksi dengan cairan tubuh dan menghasilkan oksigen. Dengan mengkonsumsi suplemen Fishqua, suplai oksigen di tubuh akan tercukupi, sehingga mampu mengurangi pusing, pegal-pegal, bahkan lemas akibat darah rendah sekaligus mampu menjaga daya tahan tubuh.

Simak Video "Ternyata Inilah Etnis yang Paling Berisiko Masalah Kesehatan Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)