Jumat, 20 Des 2019 15:20 WIB

Operasi Sesar Meningkat, Benarkah Miss V 'Tembam' Penyebabnya?

Nurul Khotimah - detikHealth
Lemak jadi kambing hitam meningkatkan permintaan operasi sesar (Foto: thinkstock)
Jakarta - Baru-baru ini seorang ahli mengklaim bahwa wanita yang memiliki lemak vagina lebih banyak cenderung akan melahirkan secara sesar.

Seorang dokter berbicara di BBC Radio Skotlandia, bahwa operasi sesar meningkat karena wanita yang kelebihan berat badan memiliki vagina gemuk yang menyisakan lebih sedikit ruang bagi bayi untuk dilahirkan.

"Dengan obesitas Anda mengalami peningkatan jaringan lemak di jalan lahir, yang membuat jalan lahir jauh lebih sempit, yang membuat bayi lebih sulit keluar melalui jalan lahir. Jadi, kamu lebih mungkin berakhir dengan apa yang disebut persalinan macet," kata Dr Marco Gaudoin, dikutip dari The Sun, Jumat (20/12/2019).

Jumlah bayi yang dilahirkan melalui operasi sesar memang meningkat dua kali lipat dalam 15 tahun terakhir. Namun, mengenai peningkatan tersebut benarkan karena wanita yang memiliki vagina berlemak?



Konsultan kebidanan Dr Virginia Beckett, juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynecologists, menekankan bahwa persalinan macet tidak ada hubungannya dengan lemak vagina.

"Beberapa wanita mungkin juga mengalami persalinan macet selama kelahiran. Ini sama sekali bukan karena ukuran vagina wanita. Itu terjadi karena posisi bayi di jalan lahir atau ketidaksesuaian dalam ukuran jalan lahir dan ukuran bayi," ungkapnya.

Dr Beckett menjelaskan, kelahiran sesar mungkin ditawarkan kepada seorang wanita untuk membantu mengurangi komplikasi berbahaya dan mengarah pada persalinan yang aman bagi bayi.

"Induksi persalinan dan operasi sesar adalah prosedur yang aman dan dapat menghasilkan hasil kesehatan yang lebih baik bagi ibu dan bayi," jelasnya.

Dia menambahkan, selama beberapa dekade terakhir jumlah wanita melahirkan secara normal menurun, sedangkan jumlah kelahiran sesar meningkat.

"Ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah persalinan kompleks sebagai akibat dari meningkatnya usia dan berat badan ibu," pungkasnya.



Simak Video "3 Gerakan Ampuh Penghilang Lemak Ala Mahendra"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)