Jumat, 20 Des 2019 15:11 WIB

Soal Bayi Meninggal Tersedak Pisang di Kebon Jeruk, Ini Penjelasan Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Bayi di bawah usia 6 bulan seharusnya hanya diberi ASI. (Foto: iStock)
Jakarta - Beberapa waktu yang lalu sempat diberitakan bayi berusia 40 hari meninggal dunia akibat tersedak pisang, disuapi oleh ibunya sendiri. Hal ini membuktikan masih ada ibu yang belum paham tentang cara memberi asupan pada bayi di bawah usia 6 bulan.

Menurut peneliti dari Ikatan Alumni Magister Kedokteran Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr dr Ray Wagiu Basrowi, MKK, bayi di bawah usia 6 bulan belum boleh makan makanan yang padat.

"Ingat, kenapa (bayi) di bawah 6 bulan belum boleh makan makanan padat, karena sistem pencernaan dari mulut sampai usus itu belum siap untuk mencerna, makanya cuma boleh pakai cairan ASI (air susu ibu)," kata dr Ray saat ditemui, pada Jumat (20/12/2019).


Ketika bayi dipaksa mengonsumsi makanan padat, maka sistem pencernaan yang belum siap dapat menyebabkan tersedak.

"Paling simple begini deh, begitu dia nyusu bayi di bawah 6 bulan masih suka gumoh (muntah) nggak sih? Gumoh, karena apa? di antara esofagus (kerongkongan), tenggorokan, dan lambung, ada sfingter (pintu masuk makanan ke lambung) tuh. Sfingternya ini belum tertutup jadi begitu makanan masuk, terhambat. Makanya yang boleh cairan doang, yaitu ASI," jelasnya.

dr Ray pun menegaskan, agar jangan coba-coba untuk memberikan makanan selain ASI pada bayi di bawah usia 6 bulan.

"Begitu kita kasih pisang di bawah 6 bulan, udah kelar (selesai). Karena sistem pencernaannya belum benar," ucap dr Ray menegaskan.



Simak Video "Bunda, ASI Eksklusif Bisa Lindungi Anak dari Kanker Darah"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)