Jumat, 20 Des 2019 15:51 WIB

Elly Sugigi Disebut Potong Gigi, Prosedur Apa Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Elly Sugigi pamer penampilan barunya usai potong gigi. (Foto: Instagram @ellysugigi_real_)
Jakarta - Penampilan Elly Sugigi belakangan ini bikin pangling. Ia disebut-sebut baru saja menjalani prosedur potong gigi untuk mempercantik penampilannya.

"Dipotong. Bisa mingkem kan gue sekarang," kata Elly dalam video Instagram stories milik Dinar Candy pada Jumat (20/12/2019).

Terkait hal tersebut, memang sebenarnya apa sih prosedur potong gigi dan bagaimana caranya dilakukan? drg Ahmad Syaukani, SpOrt, yang akrab disapa drg Kani dari Estetika Dental Clinic menjelaskan bahwa prosedur potong gigi kemungkinan dikenal juga dengan sebutan pangur atau kikir gigi.


Sesuai namanya, prosedur dilakukan dengan cara mengikis lapisan gigi paling luar atau email agar kemudian tampak menjadi rata dan rapih.

"Sebetulnya di bidang ilmu kedokteran gigi tidak ada istilah potong gigi," kata drg Kani pada detikcom.

drg Kani menjelaskan ia tidak menyarankan seseorang menjalani potong gigi. Alasannya karena potong gigi menyebabkan lapisan terluar dari gigi yang keras terbuang, menyisakan lapisan dalam atau dentin yang lebih lunak dan banyak ujung saraf.

"Gigi yang kurang rapi bisa dirapikan oleh dokter gigi spesialis ortodonti untuk merapikan giginya. Bukan dengan jalan memotong gigi tersebut," pungkas drg Kani.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)