Jumat, 20 Des 2019 16:11 WIB

Kena Semburan Bisa Ular Kobra, Ini Efeknya pada Kulit Sehat Maupun Luka

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ini cara mengatasi semburan bisa kobra pada kulit sehat maupun luka. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Di Indonesia sendiri, hanya satu jenis ular yang bisa menyemburkan bisa hanya kobra. Ini pastinya lebih berbahaya dari jenis ular berbisa lainnya, karena bisa tersebut bisa menjangkau pada jarak yang cukup jauh.

Bagian tubuh manusia yang rawan sekali terkena semburannya adalah bagian mata dan kulit. Menurut ahli ular dari Yayasan Sioux Ular Indonesia, Muhammad Dzawil Arham jika terkena pada kulit yang tertutup atau tanpa luka itu masih aman.

"Jika semburannya terkena kulit tertutup atau kering tanpa luka, cukup dibasuh air bersih dan dikeringkan, itu sudah cukup. Tidak perlu menggunakan segala macam antiseptik atau sabun, aman," katanya pada detikcom, Kamis (19/12/2019).


Lain halnya pada kulit yang memiliki luka terbuka, efeknya malah seperti tergigit ular. Hal ini karena bisa tersebut malah masuk ke dalam sela-sela kulit menuju tubuh.

Untuk penanganannya, tidak dianjurkan untuk langsung membasuhnya dengan air. Menurut Dzawil, luka seperti ini harus ditangani seperti cara merawat luka gigitan ular berbisa tinggi.

"Kalau untuk kulit yang ada lukanya, harus ditangani seperti luka gigitan. Bagian tubuh dibalut seperti patah tulang dengan papan dan kain atau semacamnya, untuk menahan pergerakan otot dan sendinya. Letakkan di bawah jantung dan segera cari rumah sakit yang memiliki Serum Anti Bisa Ular (SABU)," jelasnya.



Simak Video "Cara Memutihkan Kulit, Ini Dia Tipsnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)