Sabtu, 21 Des 2019 09:06 WIB

4 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Perut Mulas di Pagi Hari

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi perut mulas. Foto: iStock
Jakarta - Siapa yang sering merasa perut mulas di pagi hari? Itu bisa jadi hal yang wajar apalagi bila sebelumnya kamu mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

'Kenapa sih sakit perut terus? Ganggu banget deh, padahal lagi buru-buru'. Kalimat tersebut mungkin pernah kamu ucapkan, karena harimu jadi rusak karena sakit perut yang kamu alami. Dilansir dari healthline, ini adalah 5 makanan dan minuman yang bisa membuat kamu sakit perut.

1. Makanan tinggi lemak
Alpukat, keju, dan kacang-kacangan merupakan makanan yang tinggi lemak. Meskipun, makanan ini memiliki banyak nutrisi, ternyata bisa bikin perut mulas lho! Karena makanan berlemak tersebut akan merangsang kontraksi pada saluran pencernaan dan membuat pengosongan lambung jadi lambat. Hal inilah yang membuat kamu jadi sakit perut.


2. Makanan pedas
Makanan pedas dan sakit perut memang tidak bisa dipisahkan. Karena senyawa capsaicin yang terkandung di dalam makanan pedas, ternyata bisa memperlambat laju pencernaan. Ini berarti makanan yang kamu makan, akan berada lebih lama di dalam perut dan membuat perut kamu menjadi mulas.

3. Kopi
Meminum secangkir kopi di pagi hari sebelum beraktivitas memang terdengar sangat menyenangkan bukan? Kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat merangsang kontraksi pada saluran pencernaan dan membuat isi perut kamu melaju lebih cepat lho! Jadi, wajar saja kalau tiba-tiba terasa mulas sehabis minum secangkir kopi.

4. Susu
Rajin meminum susu di pagi hari memang terbukti dapat meningkatkan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Namun, faktanya penelitian menunjukkan bahwa susu murni dapat meningkatkan produksi asam lambung yang merupakan faktor risiko mulas.



Simak Video "Ini Alasan Jangan Makan Rasa Asam di Pagi Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)