Sabtu, 21 Des 2019 11:17 WIB

Makan Enak Tetap Sehat Tanpa Takut Kolesterol di Akhir Tahun

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Sambil menikmati liburan akhir tahun, tak lengkap rasanya tanpa adanya pesta dan menikmati berbagai hidangan lezat. Namun bagaimana agar liburan kali ini tetap menyenangkan tanpa takut makan berlebih dan menyebabkan kolesterol?

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, kolesterol tinggi bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol seperti daging berlemak, pengolahan dengan digoreng atau dipanggang, menggunakan mentega.

"Makan makanan yang dibakar biasanya lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng. Hanya yang diperhatikan adalah saat makanannya dibakar jangan terlalu sering mengolesnya dengan minyak. Bahan yang dipilihkan untuk dibakar pilih daging atau ikan yang segar, jangan daging yang banyak lemaknya. Kalau dioles dengan terlalu banyak minyak dan juga dagingnya masih mengandung lemak dan mengonsumsinya terlalu banyak, maka tentu akan bisa meningkatkan kadar kolesterol," ujar dr Muliaman kepada detikHealth, baru-baru ini.


Pada saat liburan, lanjut dr Muliaman, seringkali orang juga kalap atau lupa mengontrol makanan, supaya tetap sehat dan makannya tetap terjaga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, atur jam makan dengan benar, misalnya sarapan, makan siang dan makan malam usahakan untuk sarapan, serta makan siang dan makan malam jangan terlalu banyak.

"Usahakan porsinya lebih sedikit dari hari biasa. Karena pada saat liburan biasanya kita lebih banyak santai dan kurang aktif. Hindari terlalu sering mengkonsumsi junk food," ujarnya.

Selain itu, dr Muliaman menganjurkan agar saat pergi liburan membawa camilan yang sehat, seperti buah yang tidak terlalu manis, susu, atau camilan multigrain.

"Jangan terlalu banyak minum kopi atau soft drink karena malah membuat pola makan jadi tidak teratur. Cukup istirahat karena saat nyetir atau mengantuk, maka cenderung untuk ngemil," tambahnya,

Adapun saat di perjalanan untuk berlibur, dr Muliaman menyarankan agar jangan terlalu sering berhenti di rest area. Jika pada saatnya berada di rest area, manfaatkan waktu tersebut untuk bisa menggerakkan badan dan tetap aktif saat liburan.

"Dengan tips tersebut, maka lemak dalam makanan yang dikonsumsi dan lemak dalam tubuh bisa tetap dibakar dan terhindar dari penumpukkan," jelasnya.


Selain itu, Anda juga dapat mencegah kolesterol tinggi dengan mengonsumsi Nutrive Benecol 2x sehari setelah makan utama secara rutin. Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah 7-10% jika dikonsumsi teratur 2 kali sehari dalam 2-3 minggu.

Simak Video "Libur Akhir Tahun Dapat Terlaksana dengan Catatan Berikut"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)