Sabtu, 21 Des 2019 11:20 WIB

Potong Gigi Seperti Elly Sugigi Rawan Gagal, Ini Saran Dokter

Nurul Khotimah - detikHealth
Elly Sugigi. Foto: Instagram @ellysugigi_real_
Jakarta - Baru-baru ini disebutkan Elly Sugigi menjalani potong gigi. Di akun Instagram miliknya terlihat jelas perubahan penampilan Elly setelah memotong gigi. Prosedur pemotongan gigi atau dikenal juga dengan pangkur alias kikir gigi dilakukan dengan cara mengikis lapisan email agar gigi menjadi rata.

Pengikisan email gigi ini disebut ahli tidak disarankan karena artinya bagian dalam gigi yang lunak (dentin) berisi ujung saraf terekspos sehingga bisa memberikan dampak pada saat nantinya mengunyah atau menggigit makanan.

drg Ahmad Syaukani, SpOrt, yang akrab disapa drg Kani dari Estetika Dental Clinic menjelaskan terdapat beberapa dampak negatif ketika seseorang memutuskan untuk potong gigi. Gigi bisa menjadi lebih sensitif dan lebih mudah keropos.


"Karena dentin lebih rapuh dibanding email jika terkena asam yang ditimbulkan oleh proses pembusukan sisa-sisa makanan," kata drg Kani kepada detikcom saat dihubungi baru-baru ini.

Bila seseorang terlanjur melakukan potong gigi dan merasakan ada keluhan segera konsultasi dengan dokter gigi. drg Kani mengatakan hal ini dapat diatasi dengan melakukan perawatan
saluran akar agar rasa nyerinya berkurang atau juga bisa dengan perawatan crown.

"Jadi gigi tersebut dibungkus atau diselubungi oleh bahan berupa akrilik atau porselen," tambahnya.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)