Sabtu, 21 Des 2019 14:18 WIB

4 Hal Alami yang Sehatkan Ginjal, Minum Rebusan Seledri Salah Satunya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi seledri. Foto ilustrasi: iStock Ilustrasi seledri. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Terkadang saran untuk makan sehat dan perbanyak olahraga tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan ginjalmu. Terutama apabila kamu sudah memiliki masalah ginjal, maka perlu banyak hal-hal yang diperhatikan selain hanya pola hidup sehat.

Ada beberapa cara alternatif yang bisa dilakukan, namun tujuannya adalah mendampingi pengobatan. Dikutip dari kidney.org, berikut adalah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menyehatkan ginjal:



1. Akupunktur

Akupunktur merupakan salah satu cara self-healing, atau memicu tubuh untuk sembuh secara alamiah dan sesuai fungsinya. Biasanya akupunktur dilakukan dengan cara menusukkan jarum tipis ke titik akupresur di kulit. Hal lain yang bisa membantu adalah stimulasi listrik, panas, dan tekanan. Pijatan, bekam, dan terapi panas juga bisa menjadi alternatif lainnya untuk menyehatkan ginjal.

2. Kurangi stres

Ginjal bisa dirusak oleh stres, sehingga sangat penting untuk mengurangi stres di hidupmu untuk menjaganya tetap sehat. Kamu bisa melakukan meditasi, yoga, pijat, atau melakukan hobi yang bisa membantumu rileks. Pelega stres apapun bisa membantu kesehatanmu secara keseluruhan, terutama pada kesehatan ginjal. Luangkan waktu untuk terus aktif untuk meningkatkan kesehatan fisik, bersamaan dengan aktivitas yang mendorong relaksasi dan peremajaan.

3. Detoks herbal

Seledri terkenal sebagai salah satu pengobatan alternatif terbaik untuk detoks ginjal. Bersihkan segenggam seledri, rendam dalam campuran air dan cuka sebentar lalu cuci bersih. Rebus 8 cangkir air dan tambahkan seledri selama 10 menit, lalu saring dan simpan di dalam botol lalu taruh di kulkas. Minumlah secangkir sehari untuk membersihkan ginjalmu.

4. Makan makanan bernutrisi

Makanan yang berwarna semakin gelap sangat bagus bagi ginjal, seperti rumput laut, ikan, apel, kale, nanas, lemon, apel, bawang putih, jahe, dan bawang bombay sangat bagus untuk dikonsumsi karena membantu membuang racun dari ginjal.



Simak Video "Fakta-fakta Seputar Batu Ginjal yang Diidap Dorce Gamalama"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)