Minggu, 22 Des 2019 13:01 WIB

Doyan Ngopi? Kenali 5 Efek Samping Minum Kopi Bagi Wanita

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kenali sederet efek samping minum kopi bagi wanita. (Foto: iStock)
Jakarta - Siapa di antara kalian yang gemar minum kopi? Pastikan untuk tidak terlalu banyak minum kopi karena dapat menimbulkan efek yang berbahaya bagi wanita.

Dikutip detikcom dari beberapa sumber, berikut efek minum kopi bagi wanita:

1. Menyebabkan depresi

Depresi menjadi salah satu efek minum kopi bagi wanita. Kandungan kafein yang terlalu tinggi menyebabkan depresi dan menurunkan mood wanita. Peningkatan kafein ini mempengaruhi produksi dopamin, dan menciptakan sebuah ketergantungan di kemudian hari. Nantinya, wanita akan merasa tertekan, sedih, dan depresi selama belum minum kopi.

2. Gastritis

Gastritis adalah peradangan di dalam perut. Penyebabnya bisa jadi beragam. Namun kondisi ini diperparah dengan asupan kafein yang bisa diperoleh dari minum kopi hitam karena meningkatkan asam di dalam lambung.

3.Tidak subur

Salah satu efek minum kopi bagi wanita yang paling berbahaya adalah membuat wanita tidak subur. Konsumsi kafein berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita, yang menyebabkan penyakit pada tuba falopi dan endometriosis. Penyakit tersebut kemudian memicu ketidaksuburan pada wanita sehingga wanita sulit hamil.


4. Osteoporosis

Efek minum kopi bagi wanita juga bisa menyebabkan osteoporosis. Umumnya area yang terganggu adalah tulang punggung, pergelangan tangan dan kaki, serta pinggang. Peningkatan asupan kafein dapat menyebabkan kehilangan kalsium di dalam tubuh dan mempengaruhi massa tulang.

5. PMS

Efek minum kopi bagi wanita bisa menyebabkan mood naik turun, apalagi saat sedang PMS. Hindari segala macam minuman yang mengandung kafein, khususnya kopi. Perbanyak asupan air putih agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Kafein juga menyebabkan dehidrasi sehingga menimbulkan rasa resah, dan tidak nyaman menjelang datangnya menstruasi. Dosis asupan kafein yang dianjurkan adalah 200-300 mg per hari, yaitu secangkir kopi.



Simak Video "Ini Loh 2 Kandungan Kopi yang Menyebabkan Gigi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)