Senin, 23 Des 2019 09:00 WIB

Ibra Azhari Terjerat Sabu, Bisakah Mantan Pecandu Kambuh Lagi?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ibra azhari ditangkap polisi akibat terjerat sabu, bisakah mantan pecandu kambuh lagi? (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Aktor Ibra Azhari ditangkap polisi terkait kasus narkoba. Polisi mendapatkan barang bukti berupa sabu dari penangkapan Ibra Azhari.

"Ya, Benar (Ditangkap)" kata Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Herry Heryawan, kepada detikcom, Senin (23/12/2019).

Sebelumnya diketahui adik kandung Ayu Azhari ini juga sempat terjerat kasus yang sama. Akhir tahun 2009 lalu, aktor Ibra Azhari terbebas dari tiga kasus narkoba yang menjeratnya. Pada tahun 2010, Ibra kembali kedapatan memiliki sabu.

Apakah hal tersebut berarti pecandu narkoba tak bisa sembuh total?



Dijelaskan oleh situs Drug Rehab, kecanduan narkoba adalah penyakit otak kronis yang membuat seseorang minum obat berulang kali terlepas dari bahaya yang ditimbulkannya. Pengunaan narkoba yang berulang dapat mengubah otak dan menyebabkan kecanduan.

Perubahan otak dari kecanduan bisa berlangsung lama, sehingga kecanduan narkoba dianggap sebagai penyakit kambuhan. Ini berarti orang yang dalam pemulihan berisiko memakai narkoba lagi bahkan setelah bertahun-tahun tidak meminumnya.

Menurut National Institute on Drug Abuse, ada sekitar 40-60 persen orang yang sudah menjalani rehabilitasi namun kemudian kecanduan lagi. Tingkat kekambuhan ini disebut mirip dengan penyakit kronis lainnya termasuk diabetes tipe 1 dan hipertensi.

Sejumlah faktor dapat menyebabkan orang kambuh, tetapi pemulihan jangka panjang dimungkinkan bagi mereka yang mengabdikan diri untuk hidup sehat.



Simak Video "WHO Tetapkan Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)