Senin, 23 Des 2019 11:47 WIB

Soal Viral Kena Kanker Kulit karena Skincare KW, Begini Penjelasan Dokter

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral remaja alami kanker kulit karena skincare palsu. (Foto: Tangkapan Layar Twitter)
Jakarta - Viral kisah mengenai remaja yang terkena kanker kulit stadium 2 setelah menggunakan skincare KW atau palsu. Cerita tersebut sontak ramai diperbincangkan warganet karena selama ini banyak yang tidak menyadari efek serius penggunaan skincare palsu.

"30 persen wajahku udah mulai membusuk karena dekat mata. Mata kiriku sudah mulai tidak jelas. Kankerku pertumbuhannya cepat, aku udah stadium 2," demikian seperti yang diceritakan oleh akun @yourniaa.

Beberapa skincare memang berharga lumayan tinggi dan biasanya dijual di pusat perbelanjaan. Namun hal ini pun menjadi 'lahan bisnis' bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk memalsukan dan menjual produk palsu tersebut.

Dituturkan oleh spesialis kulit dan kelamin dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK dari DNI Skin Center, meski skincare palsu tak jadi penyebab langsung kanker kulit, bisa jadi ada kandungan di dalamnya yang menjadi pencetus penyakit berbahaya.


"Sebenarnya tergantung bahan yang digunakan. Pemalsuannya mengandung bahan apa. Memang ada bahan yang kita tidak tahu dan bersifat merangsang kemunculan kanker namanya karsinogenik," kata spesialis kulit dan kelamin dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK dari DNI Skin Center

"Kalau misalnya mereka menggunakan bahan yang tergolong karsinogenik bisa saja merangsang terjadinya kanker," sambungnya.

Seperti contoh tabir surya palsu. Fungsi tabir surya adalah melindungi dari paparan sinar matahari dan mencegah kanker. Namun jika membeli yang palsu otomatis tidak ada manfaat yang didapatkan dari penggunaan tabir surya tersebut.

"Kalau palsu kan dia nggak ada kekuatan melindungi, nggak ada obatnya jadi orang yang menggunakan merasa pakai tapi sebenarnya masih terpapar sinar matahari. Itu yang bisa menjadi pemicu kanker kulit," terang dr Darma.



Simak Video "Waspada Kandungan 2 Bahan Berbahaya di Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)