Selasa, 24 Des 2019 07:31 WIB

Postur Tubuh yang Buruk Bisa Berdampak pada 4 Area Tubuh Ini (1)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi postur tubuh yang buruk saat duduk. Foto: Suherni
Jakarta - Postur tubuh yang buruk ternyata tak hanya memengaruhi tulang, namun beberapa bagian tubuh juga kena dampaknya. Mulai dari kepala, leher, hingga sirkulasi darah dalam tubuh bisa terkena imbasnya, lho.

Dikutip dari Live Strong, berikut adalah 4 bagian tubuh di antaranya, dan perlu kamu perhatikan agar tak menimbulkan risiko kesehatan:



1. Kepala dan leher

Postur tubuh yang buruk menekan otot di bagian belakang kepala sehingga memberi tekanan pada saraf terdekat, memicu rasa sakit kepala yang amat sangat. Tak hanya kepala, sebuah studi yang dipublikasikan November 2014 di jurnal Surgical Technology International, leher juga bisa terkena imbasnya. Disebut 'text neck', kondisi ini disebabkan karena keseringan menunduk memandang gadget. Studi tersebut menyatakan bahwa tiap senti kamu memajukan kepalamu ke depan atau menunduk, jumlah beban yang ditempatkan di ujung tulang punggung berkali-kali lipat.

2. Rahang

Postur kepala menunduk memberi tekanan pada otot di sekitar sendi temporomandibular (TMJ), sehingga bisa menyebabkan nyeri dan kesulitan membuka rahangmu. Hal ini dibuktikan dalam studi Januari 2018 yang dipublikasikan di Journal of Physical Therapy Science. Ditemukan bahwa membenarkan postur bisa membantu meredakan nyeri TMJ.

3. Sirkulasi tubuh

Tak hanya bagian tubuh, sirkulasi tubuh juga bisa terkena dampaknya dengan menekan pembuluh darah. Akibatnya, darah tidak bersirkulasi sebebas mungkin di sekitar tubuhmu, yang memberikan rasa tak berenergi dan kelelahan. Selain itu sendi dan otot bekerja lebih keras daripada biasanya untuk mengkompensasikan postur burukmu, sehingga kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu dan jadi mudah lelah.

4. Bahu

Postur yang buruk menjepit tendon di bagian rotator cuff, sekelompok otot dan tendon yang menghubungkan lengan bagian atas ke bahumu, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai sindrom shoulder impingement. Jika tak segera ditangani, bisa menyebabkan robekan yang mengakibatkan nyeri yang amat parah dan lumpuh di bahu yang terkena. Sebuah studi bulan Desember tahun 2017 menyebutkan bahwa orang yang mengalami kondisi ini secara signifikan memiliki postur tubuh yang buruk ketimbang yang tak terkena kondisi ini.



Simak Video "Mengenal Metatarsal, Cedera Patah Tulang yang Dialami Luna Maya"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/wdw)