Selasa, 24 Des 2019 10:15 WIB

Postur Tubuh yang Buruk Bisa Berdampak pada 4 Area Tubuh Ini (2)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan masalah. Foto: Thinkstock
Jakarta - Memperbaiki postur tubuh bukan sekadar estetika saja, namun juga terkait dengan aspek kesehatan secara keseluruhan. Karena postur tubuh yang buruk bisa berdampak pada beberapa area tubuh.

Dirangkum dari Live Strong, berikut adalah beberapa area tubuh yang bisa terkena dampak dari postur tubuh yang buruk yang tak kamu sadari. Segera perbaiki posturmu dan kamu akan merasakan perbedaannya.



1. Punggung

Punggung yang sehat punya tiga lengkungan alami: lengkungan masuk di leher, lengkungan keluar di bagian punggung atas dan lengkungan ke dalam di punggung bawah. Saat kamu duduk atau berdiri tegal, kamu membantu menjaga lengkungan ini tetap dalam bentuknya. Namun apabila kamu membungkuk, otot di sekitaran lengkungan ini akan tertekan dan menimbulkan rasa nyeri. Dalam studi yang dipublikasikan April 2018 di BMC Musculoskeletal Disorders pada lebih dari 500 orang dengan sakit tulang punggung atau bahu kronis mengungkapkan kondisi mereka membaik saat postur mereka diperbaiki.

2. Napas

Yap, napas juga bisa terkena dampaknya, terutama saat kita duduk, di mana postur tubuh yang buruk akan menekan area dada. Yang berarti diafragmamu tidak akan terbuka dengan lebar saat bernapas. Dalam sebuah studi pada Januari 2016 di Journal of Physical Therapy Science menemukan bahwa postur yang buruk, secara spesifik, membungkuk ke depan, berdampak pada pernapasan dengan mengurangi kapasitas paru-paru. Sehingga kamu tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan, membuatmu merasa lelah dan letih.

3. Sistem pencernaan

Jika kamu membungkuk atau bermalas-malasan usai makan, hati-hati bisa memicu heartburn atau rasa mulas karena posisi tubuh ini bisa menyebabkan asam lemak muncrat ke arah yang salah hingga esofagusmu. Pembuluh darah di saluran cernamu juga bisa bertumpuk bersamaan sehingga memperlambat pencernaan.

4. Tubuh bagian bawah

Saat kita membungkuk, kamu menghadap ke depan dan berjalan agak sedikit miring sehingga bisa menyebabkan nyeri lutut. Mengapa? Hal ini disebabkan adanya penekanan di sendimu, termasuk pelurusan pinggang, yang akhirnya menyebabkan tempurung lutut bergerak menuju tulang paha. Ini juga bisa menyebabkan kaki dan pergelangan kaki tidak lurus, dan mengakibatkan kondisi-kondisi seperti plantar fasciitis, di mana jaringan tebal yang menghubungan tumit dengan telapak kaki menjadi terinflamasi.



Simak Video "Mengenal Metatarsal, Cedera Patah Tulang yang Dialami Luna Maya"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/wdw)