Rabu, 25 Des 2019 07:31 WIB

Viral Cara Deteksi Sakit Jantung dengan Rendam Jari di Air Es

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Celupkan tangan ke air es bukan cara yang baik untuk deteksi sakit jantung. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sebagai salah satu organ yang penting di dalam tubuh, kesehatan jantung sangat perlu untuk diketahui. Belum lama beredar cara mudah untuk mendeteksi sakit jantung dengan merendam jari tangan ke dalam air es selama 30 detik.

Caranya, cukup sediakan wadah yang diisikan air beserta es batu. Rendam tangan dan jarinya ke dalamnya selama 30 detik. Jika jari-jari memerah maka jantung dalam keadaan sehat. Tapi, kalau jari membiru, itu menandakan ada masalah pada organ tersebut.

Menanggapi hal ini, dokter jantung dari RS SIloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP mengatakan cara ini sama sekali tidak bisa dijadikan standar penentu kesehatan jantung.


"Sebenernya, merendam tangan di air dingin tentu tidak bisa dipakai sebagai standar menentukan kesehatan jantung. Ya tapi boleh saja disampaikan ke dokter (tentang keadaan) ketika sedang konsultasi, sebagai keterangan," katanya saat dihubungi detikcom, Selasa (24/12/19).

dr Vito mengatakan, saat direndam air dingin, pembuluh darah yang ada di tangan akan menguncup dan kulit menjadi pucat bukan membiru. Keadaan itu berguna untuk memprioritaskan sirkulasi darah yang hangat untuk mengalir pada bagian sentral dan organ-organ penting di dalam tubuh.

"Jari-jari atau mulut akan tampak menjadi biru (sianosis) pada saat tubuh mengalami kondisi kekurangan oksigen ekstrim pada gagal jantung berat, dan pada kondisi penyakit jantung bawaan tertentu," jelas dr Vito.

dr Vito membagikan tips untuk mendeteksi penyakit jantung dengan cara sebagai berikut:


1. Jika terbangun di malam hari karena sesak nafas mendadak dan akan pulih saat posisi duduk, maka itu tanda adanya jantung lemah.

2. Bila saat berjalan atau beraktivitas fisik dada tiba-tiba terasa berat dan bisa hilang setelah beristirahat, tandanya terjadi penyempitan pembuluh darah koroner pada tubuh. Tanda ini juga bisa berkembang menjadi potensi serangan jantung.

3. Saat merasa kaki bengkak, bagian kulit atas jika ditekan akan melesak ke dalam dan butuh waktu yang lama untuk kembali normal juga bisa menjadi tanda penyakit jantung. Pada kondisi ini mungkin terjadi kelemahan pompa jantung.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)