Rabu, 25 Des 2019 11:18 WIB

Foto Darah 'Susu' Ini Jadi Pengingat Agar Selalu Jaga Konsumsi Lemak

Firdaus Anwar - detikHealth
Apa yang tampak seperti susu adalah kandungan lemak. (Foto: Annals of Internal Medicine 2019)
Jakarta - Di momen libur natal dan tahun baru jangan kalap makan sampai lemak dalam darah naik tidak terkendali. Foto darah yang seperti susu ini mengingatkan apa yang bisa terjadi pada tubuh dalam kondisi ekstrem.

Dilaporkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine pada Februari lalu, darah ini diambil oleh para ahli kesehatan di University Hospital of Cologn dari seorang pasien pria dengan diabetes. Mengapa warnanya putih disebut karena kandungan lemak trigliserida yang sangat tinggi.

Sang pria datang ke rumah sakit karena keluhan mual, muntah, sakit kepala, dan kehilangan kesadaran.


Lemak trigliserida normalnya ada di kisaran 150 mg/dL dan di atas 500 mg/dL sudah dikategorikan tinggi. Sementara itu diketahui trigliserida sang pria ada di tingkat 14.000 mg/dL.

"Kadar trigliseridanya sangat tinggi sehingga darah pasien berwarna putih susu," tulis tim dokter seperti dikutip dari Live Science.

Pada akhirnya sang pria dirawat dengan mesin plasmapheresis untuk memfilter lemak darah. Sebagian darahnya juga dikeluarkan terlebih dahulu.

Hayo jangan sampai hal ini terjadi sama kita. Tetap jaga kebiasaan sehat supaya momen libur bersama keluarga tidak malah berujung di rumah sakit.



Simak Video "Beredar Kabar Terompet Tularkan Penyakit, Ini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)