Kamis, 26 Des 2019 10:35 WIB

Catat! Ini Tips Aman Selfie saat Gerhana Matahari Cincin

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Begini tips aman selfie saat gerhana matahari cincin. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Hari ini gerhana matahari cincin akan menyambangi beberapa wilayah Indonesia. Banyak orang pastinya antusias untuk swafoto atau selfie membelakangi gerhana matahari cincin. Amankah?

Dikutip dari Gothamist, ternyata selfie saat gerhana matahari cincin cukup berbahaya. Karena layar ponsel dapat memantulkan sinar ultraviolet yang dipancarkan selama gerhana matahari berlangsung, serta dapat membahayakan mata.

Jika tetap ingin selfie saat gerhana matahari cincin, berikut tips aman yang bisa diikuti:

1. Perlindungan kacamata UV

Jika kamu menggunakan ponsel, kamu dapat menggunakan kacamata gerhana matahari tambahan dan memegang salah satu lensa kacamata sebagai tambahan di ponselmu.



2. Tambahan lensa

Untuk DSLR Profesional, kamu dapat menggunakan filter 18 Stop Neutral Density yang lebih mahal. Atau dapat membeli Solar Filter Film online dan memasang di depan lensa kamera.

3. Hindari pantulan cahaya pada ponsel

Radiasi UV dapat memantul dari layar ponsel dan langsung masuk ke mata. Pusat Medis Universitas Columbia menambahkan, bahkan jika ada cakupan awan yang cukup mengalami sinar gerhana matahari tetap dapat berisiko terkena luka bakar yang menyebabkan kerusakan retina yang cukup besar.

4. Gunakan tabir surya

Setelah menjaga mata aman dari sinar matahari, saat gerhana matahari cincin, jangan lupa untuk gunakan tabir surya atau sunblock agar kulit tidak terkena sinar UV berlebih.



Simak Video "Cara Memilih Krim Muka yang Aman di Online Shop"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/wdw)