Kamis, 26 Des 2019 11:13 WIB

Biar Tak Temukan Makanan Kedaluwarsa, Seberapa Sering Kulkas Dibersihkan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rutin bersihkan kulkas biar tak temukan makanan kedaluwarsa. (Foto ilutrasi: iStock)
Jakarta - Sebagai salah satu peralatan dapur yang paling sering digunakan, kulkas butuh perawatan lebih daripada alat dapur lainnya. Makanan tumpah, sisa makanan terlupakan dan bahan-bahan kedaluwarsa biasanya masih tersisa di kulkas.

Jarang membersihkan kulkas akan meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa membuatmu sekeluarga keracunan. Mempertahankan kulkas yang bersih dapat membantu meningkatkan keamanan dan kualitas makanan.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, disarankan untuk membersihkan kulkas secara ringan setiap seminggu sekali untuk mencegah timbulnya bau tidak sedap.



Hal ini juga bisa dilakukan untuk memantau masa kedaluwarsa dan kondisi makanan yang disimpan di kulkas. Jika kesulitan mengingat masa tahan makanan, tulis tanggal dan jenis makanan di depan kulkas dengan notes kecil setiap memasukkan sesuatu yang baru.

Mengutip Taste of Home, meski telah membereskan seminggu sekali, membersihkan kulkas secara menyeluruh juga harus dilakukan dalam rentang waktu bulanan, misal 1 atau 2 bulan sekali.

Karet pintu bisa menjadi tempat bersarangnya tumpahan atau serpihan makanan yang disukai kuman serta bakteri. Bersihkan area kulkas dengan kain yang telah dibasahi sabun dan air panas.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)