Jumat, 27 Des 2019 08:15 WIB

Viral Diteliti Anak SMA untuk Kanker, Bagaimana Nasib Bajakah di 2020?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral penemuan tanaman bajakah diteliti anak SMA jadi obat untuk kanker. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Awal Agustus 2019 lalu, viral penelitian siswi SMAN 2 Palangkaraya soal tanaman Bajakah yang disebut-sebut bisa menyembuhkan kanker payudara. Penelitian yang dipresentasikan di Korea Selatan beberapa waktu lalu itu bahkan menyabet piala penghargaan hingga membuat masyarakat penasaran.

Sebagai tindak lanjut, Kementerian Kesehatan RI melakukan penelitian lebih dalam terkait manfaat bajakah untuk pengobatan kanker.


"Oh jelas (bakal diteliti Balitbangkes). Kan sudah ada perintah pergi ke Kalimantan," sebut Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto saat dijumpai di Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes (Balitbangkes), Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).

Kepala Balitbangkes, Siswanto, dalam kesempatan yang sama menyatakan saat ini sedang dilakukan pengidentifikasian jenis bajakah yang diklaim bisa sembuhkan kanker payudara. Setelah itu lanjut ke tahap penelitian isi tanaman Bajakah yang bisa digunakan sebagai obat anti kanker.
"Kita sudah ambil spesiesnya yang diklaim berkhasiat itu kemudian dibawa ke Tawangmangu kemudian ditumbuhkan, dicari, dan diteliti dalam laboratorium isinya apa. 2020 akan dilaksanakan (penelitian) itu, (untuk obatnya) perlu waktu panjang," pungkas Siswanto.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)
Debat Capres AS
×
Biden vs Trump
Biden vs Trump Selengkapnya