Jumat, 27 Des 2019 17:40 WIB

Susu Kental Manis Boleh Dikonsumsi Anak, Ini Cara Aman Kata Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi susu kental manis. Foto: iStock
Jakarta - Kandungan gula yang tinggi pada susu kental manis (SKM) memang berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan, terutama pada anak. Meski begitu, anak-anak tetap diperbolehkan mengonsumsi SKM, tetapi dengan takaran yang tepat dan tidak melebihi batas konsumsi gula 30 gram per hari.

Ahli gizi, dr Diana F Suganda, MKes, SpGK menjelaskan bahwa pemberian SKM pada anak masih diperbolehkan, tetapi bukan untuk asupan yang utama. Karena asupan nutrisi yang utama adalah makan dengan gizi seimbang, seperti karbohidrat, protein, lemak dan sayur serta buah-buahan.



"SKM itu bisa dijadikan penambah nafsu makan anak. Misalnya, mau cemilannya dikasih apa? Dia nggak suka makan buah, dibuatkan pisang goreng dikasih SKM gitu kan masih bisa," kata dr Diana kepada detikcom, Jumat (27/12/2019).

dr Diana juga menegaskan, meski SKM tetap diperbolehkan untuk anak tetapi tidak untuk dikonsumsi secara rutin. Kandungan gula yang tinggi, bisa membuat anak jadi cepat kenyang sehingga berkurangnya nutrisi yang masuk pada tubuh.

"Sedangkan anak-anak itu harus banyak-banyak di protein ya. Protein itu untuk kembang, daya pikir, untuk konsentrasi, semuanya. Ibaratnya bikin rumah kalau dia pondasinya, protein itu dindingnya, batu batanya. Jadi, pondasinya," pungkasnya.



Simak Video "Mengenal Rapid Test dan Swab Test Virus Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)