Sabtu, 28 Des 2019 05:00 WIB

Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Atasi dengan Cara Ini

Lusiana Mustinda - detikHealth
Tenggorokan Sakit Saat Menelan. Foto: istimewa
Jakarta - Tenggorokan sakit saat menelan biasanya terjadi karena peradangan. Rasa tak nyaman ini tak jarang juga membuat munculnya batuk. Bagaimana cara mengatasinya?

Ketika menelan, otot dan saraf di mulut, tenggorokan, kerongkongan dan lambung bekerja. Saat terjadi kerusakaan, maka yang terasa adalah rasa sakit ketika otot-otot ini bekerja.



Ada beberapa obat yang bisa membantu redakan tenggorokan sakit saat menelan karena batuk:


- Antiinflamasi: Salah satu penyebab terjadinya tenggorokan sakit saat menelan dan seperti ada yang mengganjal adalah karena peradangan. Obat anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan ataupun amandel.


- Antibiotik: ketika tenggorokan sakit saat menelan dan disertai demam, dokter akan memberikan antibiotik. Antibiotik dapat mengatasi infeksi bakteri pada tenggorokan. Jenis antibiotik yang biasa digunakan berasal dari golongan amoxicillin dan penisilin. Namun antibiotik tidak efektif digunakan untuk infeksi yang diakibatkan oleh virus.

Cara mengatasi sakit tenggorokan.Cara mengatasi sakit tenggorokan. Foto: iStock

Bagaimana cara meredakan tenggorokan sakit saat menelan?


Sebelum mengonsumsi obat, kamu bisa menggunakan beberapa cara tradisional ini. Karena tenggorokan sakit saat menelan tak selalu disebabkan karena penyakit, bisa juga karena berteriak atau bagian tenggorokan terlalu lama kering.


Berikut cara meredakan tenggorokan sakit saat menelan yang dirangkum detikHealth:


1. Perbanyak Air Putih

Minum air putih bisa membantu cegah dehidrasi tubuh dan mengatasi tenggorokan kering. Supaya kebutuhan air putih tercukupi, kamu membutuhkan minimal 8 gelas sehari.


2. Berkumur Air Garam

Air hangat yang dicampurkan dengan garam dapat dijadikan obat kumur. Berkumur dengan air garam dapat membantu bersihkan tenggorokan, mengurangi pembengkakan dan mencegah infeksi.


3. Kompres Air Hangat

Inflamasi atau peradangan pada tenggorokan bisa menyebabkan bagian di sekitar leher agak membengkak. Untuk meredakannya, kamu bisa mengompres dengan air hangat. Siapkan botol berisi air hangat dan lapisi dengan kain tipis kemudian tempelkan pada bagian leher yang agak membengkak.

Teh hangat untuk redakan sakit tenggorokan.Teh hangat untuk redakan sakit tenggorokan. Foto: iStock


4. Minum Air Hangat

Tenggorokan sakit saat menelan dan serak bisa dikurangi dengan mengonsumsi minuman air hangat. Tak hanya air hangat, kamu juga bisa mencampurkan dengan perasan lemon dan irisan jahe. Selain bisa melegakan tenggorokan, juga dapat mengurangi rasa gatal di tenggorokan.


5. Stop Merokok

Ketika tenggorokan sakit saat menelan sebaiknya jangan merokok dan jangan berada di lingkungan yang terpapar asap rokok. Kandungan tar dalam rokok dapat membuat lapisan tenggorokan iritasi.






Simak Video "Dear Bunda, Begini Cara Tepat Menangani Anak saat Demam"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)