Sabtu, 28 Des 2019 09:06 WIB

Dinar Candy Minum Susu Segar Langsung dari Sapinya, Aman Nggak Sih?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Dinar Candy memamerkan video dirinya sedang minum susu segar yang disemburkan langsung dari seekor sapi betina (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Dalam sebuah unggahan di Instagram, artis seksi Dinar Candy memamerkan video dirinya tengah meminum susu sapi dengan cara yang tidak biasa. Ia meminum susu segar yang disemburkan langsung dari puting seekor sapi betina.

Sebagian kalangan menganggap, susu segar yang tidak mengalami pengolahan apapun memang memiliki nutrisi yang lebih baik. Namun klaim ini banyak dikritik, karena manfaat yang digembar-gemborkan tidak sebanding dengan risikonya.

Pada dasarnya, susu dihasilkan dalam lingkungan yang steril di dalam tubuh sapi. Namun dalam prosesnya hingga bisa diminum oleh manusia, risiko kontaminasi sangat mungkin terjadi, baik di kelenjar susu, permukaan kulit, maupun proses pemerahannya sendiri.

Dikutip dari Healthline, kadar keasaman atau pH susu yang relatif netral dan nutrisi yang berlimpah merupakan lahan persemaian ideal bagi bakteri maupun kuman patogen. Karenanya, pengolahan susu segar lebih dianjurkan, biasanya dengan pasteurisasi atau pemanasan pada suhu tertentu.

[Gambas:Instagram]





Beberapa bakteri yang bisa ditemukan pada susu segar yang tidak diolah antara lain Salmonella dan Escherichia coli (E.coli). Gejala infeksi yang bisa dikenali antara lain muntah, diare, dehindrasi, sakit kepala, nyeri lambung, mual dan demam.

Beberapa bakteri dalam susu mentah disebut juga bisa memicu kondisi serius seperti Guillain-Barre syndrome, yakni kerusakan saraf yang menyebabkan lumpuh.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)