Sabtu, 28 Des 2019 10:19 WIB

Sakit Gigi Tak Kenal Waktu? Dokter Gigi RSGM Yarsi Siap Layani 24 Jam

Content Promotion - detikHealth
Foto: Dok. RSGM YARSI
Jakarta - Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sering diabaikan oleh banyak orang, terutama bagi orang-orang yang memiliki rutinitas padat setiap harinya. Akhirnya Anda tidak memiliki waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan rutin enam bulan sekali ke dokter gigi, padahal bila gigi terasa sakit, tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan liburan Anda. Rasa sakit bisa terjadi kapan saja dan secara tiba-tiba, bahkan saat Anda sedang beristirahat tidur di malam hari.

Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun, terkadang obat pereda nyeri tidak dapat bertahan lama, apalagi bila sudah terjadi pembengkakan, Anda akan membutuhkan pertolongan dokter gigi saat itu juga. Berawal dari kebutuhan akan adanya layanan gigi yang stand by 24 jam dan karena sulitnya mencari dokter gigi di luar jam kerja, Rumah Sakit Gigi dan Mulut YARSI (RSGM YARSI) menyediakan fasilitas pelayanan lengkap mulai dari IGD dokter gigi dan dokter umum 24 jam, Ruangan Operasi, serta Rawat Inap.

Menurut Manajer Medis RSGM YARSI drg. Rifqi Sonia Putra, MM, mengatakan dengan adanya dokter gigi 24 jam ini, pihaknya berharap dapat membantu pasien yang mengeluhkan sakit tiba-tiba yang tidak tertahankan dan membutuhkan pertolongan dokter gigi saat itu juga. Contohnya pulpitis.

"Pulpitis adalah kondisi gigi berlubang yang disertai gejala sakit sampai mengganggu tidur, jika diabaikan dapat menyebabkan infeksi yang serius dan membahayakan kesehatan. Atau kasus kegawatdaruratan yang biasa kami tangani lainnya, misalnya gigi anak terbentur dan nyeri timbul saat waktu tidur, serta kasus pembengkakan dan pendarahan gusi," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/12/2019).

Sakit Gigi Tak Kenal Waktu? Dokter Gigi RSGM Yarsi Siap Layani 24 JamFoto: Dok. RSGM YARSI


Pelayanan IGD 24 jam merupakan pelayanan urgensi yang membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat. Hal ini ditunjang dengan tersedianya sarana prasarana yang lengkap seperti radiologi agar memudahkan pasien apabila foto rontgen gigi dibutuhkan.

Dokter gigi 24 jam tidak hanya menangani kasus kegawatdaruratan, terkadang perawatan gigi dilakukan di malam hari untuk mempersiapkan pasien yang tidak memiliki waktu untuk merawat gigi di siang hari.

"Biasanya mereka ingin dibersihkan karang giginya atau melakukan penambalan di malam hari karena mereka memiliki meeting atau rencana liburan di esok harinya. Maka IGD Dental RSGM YARSI dapat menjawab kebutuhan dokter gigi 24 jam dan di hari libur tersebut," ujar dokter Rifqi.

Jadi jangan khawatir bila membutuhkan dokter gigi di hari libur dan malam hari. Pelayanan IGD Dokter Gigi 24 Jam di RSGM YARSI siap membantu Anda. (ads/ads)