Sabtu, 28 Des 2019 13:48 WIB

Hamil Muda Masih Bisa Kok Traveling Tahun Baru, Asal Perhatikan Ini

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Masa kehamilan muda nampaknya bukan penghalang bagi seseorang untuk melakukan perjalanan ke berbagai destinasi. Terlebih pada saat masa pergantian tahun, selain dapat memberikan ketenangan traveling juga dapat memberikan kesenangan tersendiri bagi perempuan hamil yang menjalaninya.

Meski demikian, Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan perempuan yang sedang hamil muda ada baiknya merencanakan dengan matang saat melakukan persiapan untuk traveling. Sebab, kondisi fisiknya berbeda saat sedang sedang tidak hamil.

"Apalagi kehamilan anak pertama tentu wanita tersebut akan merasa banyak hal yang mulai berubah saat 3 bulan pertama kehamilan seperti, nyeri ulu hati, karena sering muntah dan mual serta susah makan karena asam lambung jadi naik," ujarnya kepada detikHealth baru-baru ini.


dr Muliaman menuturkan beberapa perempuan juga akan menjadi lebih sensitif dan emosional saat sedang hamil. Kadang menginginkan makanan sesuatu yang susah dicari untuk memenuhi asupan nutrisi serta lebih menyukai sesuatu yang agak asam.

"Kondisi tersebut masih dianggap normal jika wanita hamil tersebut bisa melaluinya, dan biasanya akan hilang sendiri pada saat usia kehamilan 4 bulan, kecuali berat badan yang semakin bertambah, dan nafsu makan menjadi tambah naik," jelasnya.

Karena itu, dia menyarankan traveling pada wanita hamil sebaiknya dilakukan saat kondisi sedang sehat tanpa ada komplikasi kehamilan yang berat seperti adanya mual muntah berat, pendarahan atau flek, sering kram perut hipertensi selama kehamilan, anemia dan lainnya.

"Buat perempuan hamil yang akan mengadakan traveling pastikan kesehatan yang prima tanpa ada komplikasi yang berat, jangan berpergian terlalu lama seperti lebih 6 jam duduk di mobil atau pesawat serta harus rajin jalan untuk menghindari kaki tidak bengkak," jelasnya

"Siapkan bekal seperti pakaian, perlengkapan mandi, vitamin, susu, snacking, makanan minuman, pastikan semua kebutuhan pokok itu sudah disiapkan," ungkapnya.


Khawatir rasa eneg mengganggu dan nutrisi tidak tercukupi ketika liburan. Selama perjalanan pastikan mengonsumsi cukup cairan, bisa dengan air putih ataupun minuman snack yang bernutrisi. Bagi ibu hamil, PRENAGEN kini menyediakan produk PRENAGEN UHT Almond Soya, snacking drink yang juga mengandung asam folat, zat besi, vitamin D3, dan kalsium. Dibuat dari bahan almond dan soya alami serta memiliki kemasan yang praktis untuk dibawa saat travelling. (prf/ega)