Minggu, 29 Des 2019 16:09 WIB

PNS yang Tabrak Pesepeda Konsumsi Ekstasi, Ini Efeknya Pada Tubuh

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
TKP mobil tabrak pesepeda di Sudirman. (Foto: Muhammad Faisal Javier Anwar)
Jakarta - Toto Prasetio, pengemudi mobil Toyota Avanza yang menabrak 7 pesepeda di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu dites urine. Hasilnya pelaku dinyatakan positif mengonsumsi narkoba jenis ekstasi.

"Hasil cek urine tersangka positif mengonsumsi amphetamine. Menurut pengakuan tersangka, mengonsumsi ekstasi," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (28/12/2019).

Ekstasi atau biasa disebut MDMA (methylene dioxy methamphetamine) merupakan salah satu jenis narkoba yang populer. Efek ekstasi bisa terasa dalam jangka waktu 1 jam setelah dikonsumsi dengan dosis tunggal.


Mengutip Medical News Today, ekstasi berfungsi untuk memproduksi hormon serotonin dan dopamine yang keduanya adalah neurotransmitter otak dan memengaruhi suasana hati.

Efeknya bertahan selama 3 hingga 6 jam. Namun ada efek serius yang ditimbulkan akibat konsumsi ekstasi antara lain mual, menggigil, berkeringat, tidak sadar mengepalkan gigi, kram otot serta penglihatan kabur.

Kematian akibat konsumsi ekstasi sebagian besar disebabkan oleh hipertermia, atau peningkatan suhu tubuh yang tiba-tiba, kolaps kardiovaskular, atau dehidrasi yang signifikan.



Simak Video "Flakka, Narkoba yang Bikin Penggunanya Jadi 'Zombie'"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)