Senin, 30 Des 2019 07:31 WIB

5 Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi dengan Cepat

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bahan alami pemutih gigi. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Gigi adalah jendela dari kepribadian kita dan ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkannya menjadi kusam dan tak lagi 'bersinar'. Seperti misalnya beberapa makanan tertentu berakhir menodai enamel gigi (bagian luar gigi) dan juga akumulasi plak.

Namun perubahan warna ini bisa ditangani dengan mudah dengan beberapa bahan alami di rumah, berikut 5 di antaranya seperti dikutip dari Times of India:


1. Minyak kelapa

Minyak kelapa murni bisa membantu membersihkan gigi. Ambil sesendok minyak kelapa dan gosokkan ke gigi selama 5 menit. Atau kamu bisa meneteskan beberapa minyak kelapa lalu menggosoknya dengan sikat selama 5 menit. Bilas mulutmu setelahnya dan kamu akan menyukai hasilnya.

2. Cuka apel

Cuka apel cider memiliki kandungan seperti asam asetat, potasium, dan magnesium yang bisa membunuh bakteri buruk dan menghancurkan plak. Selain itu, pH di dalam cuka apel menyingkitkan noda dari gigi. Yang harus kamu lakukan adalah menggosok sedikit cuka apel ke gigi selama dua menit dan cuci mulut dengan air setelahnya.

3. Kulit lemon

Lemon memiliki senyawa pemutih alami dan kulit lemon bisa membersihkan gigimu. Gosokkan kulit lemon ke gigi dan cuci mulutmu setelahnya.

4. Stroberi

Menggosok atau memakan stroberi sebenarnya bisa memutihkan gigi secara alami. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan bermanfaat yang ada di dalamnya.

5. Soda kue

Soda kue memiliki kandungan pembersih dan bisa berguna untuk gigimu. Campurkan sedikit soda kue dengan air hingga mengental. Taruhlah pasta ini ke sikat gigimu dan sikatlah gigimu selama semenit atau lebih. Cuci mulutmu setelahnya.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)