Senin, 30 Des 2019 10:53 WIB

Lakukan Ini Jika di 2020 Ingin Bebas dari Kolesterol Tinggi

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta -

Tahun baru segera tiba. Ragam resolusi untuk tahun 2020 bisa diusahakan mulai dari pekerjaan hingga kesehatan. Salah satu contohnya adalah keinginan untuk mencegah tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan kadar kolesterol tinggi dalam darah lama kelamaan bisa tertimbun di sepanjang dinding pembuluh darah arteri sebagai plak sehingga berisiko menimbulkan masalah kesehatan serius seperti serangan jantung atau stroke.

"Dari data Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU PTM) 2016 disebutkan 42% penduduk indonesia mempunyai kolesterol tinggi tapi data terbaru dari Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2018 disebutkan 35% penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal," ujarnya kepada detikHealth, Senin (30/12/2019).

Untuk itu, dr Muliaman menyarankan agar mengurangi tingginya risiko penyakit mematikan pemicu kolesterol, tahun baru 2020 bisa jadi momen untuk menjalankan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

"Pertama, hidup tetap aktif, hindari kurang gerak dan perbanyak aktivitas fisik (minimal) 30 menit sehari, atau 150 menit per minggu. Adapun olahraga paling yang dianjurkan mulai dari yang ringan seperti jalan kaki, jogging atau pilih olahraga yang disukai seperti zumba, yoga, berenang, bersepeda, dan lainnya," terangnya.

"Kedua konsumsi makanan yang sehat hindari makanan yang lemak tinggi seperti gorengan, jeroan, bersantan, dan kuning telur. Kontrol secara teratur kadar kolesterol dan jika sudah mengonsumsi obat-obat penurun kolesterol tetap lanjutkan," imbuhnya.

Sebagai alternatif, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat bisa juga diimbangi dengan Konsumsi Nutrive Benecol 2x sehari setelah makan utama secara rutin. Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah 7-10% jika dikonsumsi teratur 2 kali sehari dalam 2-3 minggu.





Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mul)