Senin, 30 Des 2019 14:09 WIB

Tunggu Momen Tahun Baru, Ini Camilan Sehat dan Mengenyangkan

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pergantian tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Selain jadi waktu mengasyikkan dengan gemerlap warna-warni kembang api, juga dapat menjadi doa sebagai resolusi awal dalam menjalani hidup sehat.

"Tentunya untuk resolusi 2020 semua orang ingin mempunyai kesehatan yang lebih baik dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena itu mengonsumsi camilan atau makanan sehat merupakan salah satu caranya," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth, Senin (30/12/2019).

Namun, sebagian orang pada momen ini biasanya menyiapkan menu daging asap dengan bumbu BBQ dan es sirup untuk menyambut malam Tahun Baru. Menu tersebut sangatlah enak disantap, tapi terkadang kadar kalorinya sangat tinggi sehingga dapat berisiko buruk pada kesehatan.

"Prinsipnya (agar tetap sehat) nutrisi itu ada 6 macam, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Yang paling penting batasin kalori 1200-1300 kcal saja perhari dan biasanya lemak dan karbohidratnya yang dikurangin," terangnya.

Oleh karena itu, saat malam tahun baru bawalah camilan yang sehat dan membuat kenyang lebih lama. Apalagi jika harus begadang untuk menunggu momen pergantian tahun. Sedia Multigrain atau sering disebut trail mix bisa jadi alternatifnya,

"Trail mix adalah tipe makanan ringan yang sehat. Umumnya campuran dari beberapa biji-bijian dari biji gandum, jagung, barley granola, almond, buah kering dan coklat," ujarnya.

Contoh dari camilan multigrain ini adalah Fitbar yang mengandung campuran biji-bijian yang sehat. Ngemil camilan ini membuat Anda mendapatkan kalori yang rendah dan serat yang tinggi, sehingga dapat mengontrol gula darah dan menjadikan kenyang lebih lama. Fitbar terbuat dari oat Australia, gandum utuh, dan quinoa.





Simak Video "Beredar Kabar Terompet Tularkan Penyakit, Ini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)