Senin, 30 Des 2019 11:35 WIB

Nggak Mau Kelihatan Lebih Tua? Yuk Kurangi Makanan Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Makanan yang memicu penuaan dini. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Musim liburan seperti ini biasanya mendorong kamu buat memuaskan hasrat mengkonsumsi makanan favorit yang pastinya enak. Tapi, justru makanan itu malah jauh dari kata sehat buat tubuh bahkan bisa bikin kamu terlihat lebih tua.

Tak hanya terlihat lebih tua, panganan enak ini juga bisa mendatangkan berbagai penyakit, dari obesitas sampai penyakit jantung yang bisa mengancam nyawa.

Sebenarnya, makanan seperti apa sih yang bisa bikin cepat tua? Berikut jenisnya yang dikutip dari WebMD.


1. Gula

Menurut pakar nutrisi, dr Andrea Giancoli, MPH, RD, makanan yang mengandung gula seperti kue, es krim, dan yang lainnya bisa membuat berat badanmu bertambah hingga terlihat lebih gemuk. Jika terlalu gemuk atau bahkan obesitas elastisitas kulit akan menurun, dan menyebabkannya mudah keriput dan kamu tampak lebih tua.

2. Keripik dan gorengan

Berbagai makanan yang diproses dengan cara digoreng dalam waktu yang cukup lama, ternyata bisa merusak tubuh lho. dr Giancoli mengatakan, makanan yang digoreng termasuk juga keripik dan kerupuk bisa menyebabkan inflamasi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit berdatangan, terutama meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Makanan olahan

Makanan olahan yang diproduksi dari pabrik ternyata tidak hanya minim nutrisi dan bahan kimia, tapi banyak mengandung pemanis buatan, garam, hingga penyedap rasa. Ini bisa membuat gemuk, kulit jadi tidak elastis, dan akhirnya gampang keriput deh.

4. Daging merah

Sebuah penelitian mengungkapkan, saat seseorang mengkonsumsi daging merah berlebih dapat meningkatkan kadar fosfat dalam tubuhnya. Hal ini bisa menjadi faktor terjadinya penuaan dini. Selain itu, konsumsi daging merah berlebih juga bisa menurunkan elastisitas dan kulit keriput.


Simak Video "Waspada Kandungan 2 Bahan Berbahaya di Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)