Senin, 30 Des 2019 12:11 WIB

Urine Medina Zein Positif Amphetamine, Narkoba Jenis Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Lakukan tes urine, Medina Zein positif mengandung amphetamine. Foto: Instagram @medinezein
Jakarta - Polisi telah melakukan tes urine terhadap Medina Zein. Menurut hasil pemeriksaan, Medina dinyatakan positif mengonsumsi narkoba. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, hasil tes urine dari Medina positif mengandung amphetamine.

"Yang bersangkutan kemarin sudah kita lakukan pemeriksaan dan juga kita tes urine positif mengandung amphetamine ya," kata Kombes Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (30/12/2019).

Amphetamine atau dikenal juga sebagai sabu-sabu adalah sejenis obat stimulan yang bekerja di sistem saraf pusat, mempercepat sinyal dari otak menuju ke seluruh tubuh. Beberapa jenis obat ini juga digunakan untuk mengobati ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder) dan narkolepsi.


Dikutip dari Medical News Today, amphetamine ini bisa meningkatkan libido, meningkatkan kesadaran, kontrol kognitif, kekuatan otot, dan mengurangi kelelahan. Ada dua jenis amphetamine yang terkenal yaitu MDMA (Metil Dioksi Metamfetamin) dan metamfetamin.

MDMA biasa dikenal dengan nama ekstasi. Nama lain dari ekstasi ini adalah fantacy pils dan inex.

Efek samping dari penyalahgunaan amphetamine bisa menyebabkan berbagai hal seperti jantung berdebar-debar, pingsan, stroke, serangan jantung, halusinasi, bahkan kematian. Obat ini juga bisa sebabkan penggunanya mengalami adiksi atau kecanduan.

Efek lainnya bisa menekan nafsu makan seseorang dan menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan.



Simak Video "Wabah COVID-19, Status Korea Selatan Naik jadi 'Gawat'"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)