Senin, 30 Des 2019 13:21 WIB

Medina Zein Positif Narkoba, Mungkinkah Amfetamin Jadi Obat Bipolar?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Medina Zein mengaku bipolar. Foto: Dok. Instagram Medina Zein
Jakarta - Setelah terseret kasus kakak iparnya, selebgram Medina Zein juga diwajibkan melakukan tes urine oleh polisi. Hasilnya urine Medina ternyata positif mengandung narkoba amfetamin.

Terkait hal tersebut muncul spekulasi Medina menggunakan amfetamin untuk mengobati penyakit kejiwaannya. Hal ini karena sebelumnya Medina pernah mengaku mengidap gangguan mood bipolar tipe 2 sama seperti yang diidap Marshanda.

Menanggapi hal tersebut psikiater dari RS Jiwa Marzoeki Mahdi, dr Lahargo Kembaren, SpKJ, menegaskan amfetamin tak termasuk dalam jenis obat-obatan. Amfetamin termasuk narkoba golongan psikostimulan yang bisa menyebabkan gangguan mood.


"Justru amfetamin malah akan berbahaya jika digunakan pada orang dengan gangguan bipolar," jelas dr Lahargo pada detikcom, Senin (30/12/19).

Menurut dr Lahargo bila amfetamin dikonsumsi oleh orang dengan gangguan bipolar maka ada potensi mengganggu keseimbangan neurotransmitter di saraf otak. Hal ini malah akan berdampak pada munculnya berbagai gangguan mood atau gangguan perasaan serta perilaku dari pengidapnya.

"Jadi tidak benar. Amfetamin itu tidak digunakan sebagai obat," tegasnya.



Simak Video " Nggak Cuma Indah, Bunga Ini Bisa Dibuat Jadi Minuman Sehat!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)