Senin, 30 Des 2019 18:20 WIB

5 Artis yang Mengidap Bipolar Seperti Medina Zein

Firdaus Anwar - detikHealth
Medina Zein mengaku idap bipolar. (Foto: dok.Instagram/medinazein)
Jakarta - Influencer Medina Zein diamankan polisi karena tersandung kasus narkoba. Sebelumnya ia diketahui sempat mengaku mengidap kondisi kejiwaan bipolar tipe 2.

"Aku sudah share di Instagram. Aku kena BPD (Bipolar Disorder) tipe dua, sama kayak Caca (Marshanda)," ujarnya di Instagram beberapa waktu lalu.

Bipolar sendiri adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan perubahan mood yang ekstrim. Gejalanya meliputi episode depresi dan mania. Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan bipolar namun ada sejumlah perawatan yang bisa dilakukan untuk mengelolanya.

Selain Medina, bipolar juga disebut-sebut diidap oleh tokoh berikut:


1. Marshanda

Artis Marshanda alias Caca mungkin jadi tokoh pertama yang menarik perhatian publik di Indonesia terhadap kondisi mental ini. Pada tahun 2009 ia pernah mengunggah video luapan amarah yang sempat membuat heboh.

Caca akhirnya mengaku mengidap bipolar pada tahun 2014.

2. Demi Lovato

Penyanyi Demi Lovato bercerita ia berjuang melawan depresi dan bipolar. Tahun 2010 ia menjalani rehabilitasi karena gangguan makan hingga menyakiti diri sendiri.

"Aku berjuang melawan depresi bipolar dan tak tahu apa yang salah denganku. Sedikit yang aku tahu, ada ketidakseimbangan kimia dalam otakku," tuturnya seperti dikutip dari HuffPost.

3. Carrie Fisher

Mendiang Carrie Fisher yang terkenal karena perannya sebagai Putri Leia dalam serial Star Wars pernah kecanduan alkohol dan obat-obatan. Karena itu di awal umur 20-an ia didiagnosis mengalami bipolar.

Seiring waktu Carrie menerima kondisi bipolarnya sampai kemudian berhasil diatasi. Ia mengalihkan perhatian dengan menulis buku, dua di antaranya menjadi best-seller.

4. Robin Wiliams

Siapa yang tidak terkejut saat mendengar kabar aktor komedi Robin Williams memutuskan bunuh diri pada tahun 2014 lalu. Setelahnya, baru terungkap berbagai cerita pilu dalam hidup pemeran film layar lebar 'Night at the Museum' ini.

Sebelum meninggal, Robin telah bertahun-tahun berhadapan dengan bipolar dan depresi. Sempat muncul kabar bahwa dia juga mengalami masalah ekonomi.

5. Mel Gibson

Tahun 2010 lalu, aktor laga Hollywood Mel Gibson sempat menghebohkan media karena videonya yang berisi dirinya sedang mengancam mantan pacarnya Oksana Grigorieva tersebar di publik. Dalam video tersebut, Mel Gibson terdengar menggunakan kata-kata kasar, menghina Grigorieva, dan mengancam hidupnya.

Namun di balik itu, jauh sebelum kemunculan video tersebut, Mel Gibson memang diberitakan telah lama berjuang melawan gangguan bipolar yang diidapnya. Ia cukup dikenal suka mengolok-olok saat syuting dan kecenderungannya untuk berpesta setelah jam kerja.

Dalam sebuah film dokumenter tahun 2002 yang ia lakukan dengan kawannya, ia mengaku bahwa saat itu baru menyadari bahwa dirinya manik depresif.



Simak Video "Kenali Serangan Jantung yang Dialami Ashraf Sinclair"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)