Selasa, 31 Des 2019 12:08 WIB

Tak Cuma Narkoba, Berikut Zat yang Bisa Bercampur dengan ASI

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Foto: Medina Zein berjalan di belakang Ibra Azhari sambil menutupi wajah (Samsuduha/detikcom)
Jakarta - Menyusui adalah cara yang paling baik untuk memberi makan sang buah hati mulai dari usia 0-2 tahun. Oleh sebab itu, segala makanan yang diasup oleh ibu juga akan dikonsumsi oleh bayi.

Beberapa pakar menyarankan untuk menghindari makanan atau minuman tertentu saat menyusui. Terlebih lagi ibu yang sedang menyusui tidak boleh mengonsumsi jenis narkoba apapun.

Kasus yang dialami oleh Medina Zein mendapat perhatian publik, terlebih kondisinya yang baru melahirkan beberapa bulan lalu dan sedang dalam masa menyusui. Narkoba akan bercampur dengan ASI yang akan mempengaruhi kualitas ASI dan tentu saja berdampak pada bayi.

Namun tak hanya narkoba, mengutip VeryWellMind beberapa zat ini juga bisa bercampur dengan ASI.


1. Ganja
Menggunakan produk ganja ketika menyusui membawa kekhawatiran bahwa efek neurotransmitter dari tetrahydrocannabinol (THC) dapat mempengaruhi sistem saraf anak.

Studi jangka panjang menemukan bahwa sering digunakan (setiap hari atau hampir setiap hari) dapat menyebabkan keterlambatan perkembangan motorik. Efek THC pada ibu dapat merusak penilaian dan kemampuannya merawat bayi.

2. Alkohol
Minum alkohol saat sedang menyusui tidak dianjurkan. Mengonsumsi alkohol selama kehamilan dan menyusui akan membuat anak berisiko mengalami gangguan. Bayi yang menyusu setelah ibu minum satu atau dua gelas alkohol akan mengalami pola tidur yang buruk.

3. Obat penghilang rasa sakit
Beberapa obat penghilang rasa sakit diketahui meningkatkan risiko depresi neurobehavioral pada bayi yang terpajan melalui ASI.

4. Kafein
Untuk asupan kafein yang tinggi, bayi mengalami peningkatan iritabilitas dan pola tidur yang buruk. LactMed mengatakan bahwa para ahli merekomendasikan ibu membatasi diri hingga 300 miligram kafein per hari. Kandungan kafein minuman bervariasi, jadi ini mungkin hanya dua hingga tiga cangkir kopi yang diseduh. Juga pertimbangkan untuk mengurangi es teh dan minuman bersoda lainnya.



Simak Video "Kenali Masalah Menyusui pada Bayi yang Baru Lahir"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/frp)