Selasa, 31 Des 2019 12:18 WIB

Camilan Teman Ngopi yang Bikin Sehat Saat Liburan Akhir Tahun

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Kumpul memanfaatkan waktu senggang bersama kerabat dekat saat menjelang akhir tahun, seringkali dibarengi dengan kegiatan ngopi dan ngobrol santai, apalagi bicara tentang resolusi awal tahun.

Namun, terkadang saat minum kopi tidak lengkap rasanya tanpa ada camilan yang menyehatkan yang mampu menghangatkan suasana bareng keluarga atau kerabat dekat di musim dingin ini.

Dari sekian banyak camilan yang ada, mungkin sedikitnya ada 3 camilan yang pas banget buat teman ngopi. Apa saja?


Cake atau Brownies

Camilan satu ini sangat pas jadi teman ngopi. Terlebih buat kamu yang sedang menikmati libur panjang tahun baru. Rasa manis pada cake ini cocok disajikan bersama secangkir kopi hitam panas.

Kacang

Meski ada berbagai jenis, dari rebus, panggang, hingga goreng, camilan ini selalu menemani waktu senggang terbaik saat pagi siang ataupun malam. Selain menyenangkan ngopi sambil ngemil kacang juga membuat suasana lebih hangat.

Namun demikian, kedua camilan tersebut belum tentu baik untuk kesehatan karena kandungannya yang bisa menyebabkan kalori bertambah atau gula darah naik. Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur mengatakan camilan yang baik tentunya harus bisa mengontrol gula darah lebih stabil tidak langsung naik.

"Contoh makanan yang bagus untuk snack nya adalah berbahan gandum atau berisi multigrains, gabungan dari beberapa biji seperti oat, barley, gandum, jagung, kacang yang biasanya digabungkan dalam satu kombinasi makanan selingan," ujarnya kepada detikHealth baru-baru ini.


"Selain memberikan rasa kenyang yang lebih lama tentu akan memberikan manfaat seperti serat tinggi dan dapat mengontrol gula darah tidak langsung meningkat tajam ketika di konsumsi," jelasnya.

Kombinasi grains terdapat dalam camilan sehat seperti Fitbar dengan kalori terukur. Camilan Fitbar yang terbuat dari multigrain, gabungan oat Australia, quinoa, dan gandum utuh yang praktis dan menyehatkan. Fitbar terdiri dari tiga varian rasa, yakni Chocolate Fitbar, Fruits Fitbar, dan Nuts Fitbar. (ega/ega)