Selasa, 31 Des 2019 13:08 WIB

Terompet Tahun Baru Bisa Tularkan TBC? Ini Penjelasan Dokter

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Begini penjelasan dokter soal terompet bisa tularkan TBC. (Foto: Kireina S. Cahyani)
Jakarta - Terompet kerap digunakan menjelang malam pergantian tahun baru. Sering disebut penggunaan terompet bisa berisiko menularkan beragam penyakit, bahkan salah satunya disebut bisa menularkan tuberkulosis (TBC). Benarkah hal tersebut?

dr Fikry Hamdan Yasin, SpTHT-KL(K), dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) membenarkan penggunaan terompet tahun baru memang bisa berisiko menularkan penyakit TBC. Namun demikian tidak semua kasus bisa dipukul rata.

"TBC bisa menular, tapi sebenarnya kan penularan itu tergantung pada orangnya. Kalau seseorang sedang ada luka terbuka di daerah bibir, pecah-pecah, kan itu tempatnya masuk kuman, ya bisa menular," jelasnya saat dihubungi detikcom, Selasa (31/12/2019).



dr Fikry menyayangkan kebiasaan kebanyakan orang dalam membeli terompet tahun baru. Kesadaran masyarakat yang tidak sadar akan pentingnya kebersihan terompet tersebut menurutnya masih minim.

"Kita kan biasa beli terompet dicoba dulu, apakah berfungsi atau nggak. Nah sedangkan kan kita nggak tahu pembuatnya dalam kondisi sehat nggak, kita juga nggak tahu yang pernah nyoba terompet itu kondisinya gimana," tambahnya.

dr Fikry menambahkan jika ingin aman menggunakan terompet tahun baru, disarankan untuk menggunakan antiseptik terlebih dahulu pada terompet yang akan digunakan demi menghindari beragam penyakit menular melalui terompet tahun baru.

"Pencegahannya kan bisa dilakukan dengan menggunakan antiseptik, atau kita tutupi dengan kassa dulu sebelum mencoba terompet," pungkas dr Fikry.


Simak Video "Beredar Kabar Terompet Tularkan Penyakit, Ini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)