Selasa, 31 Des 2019 17:30 WIB

8 Resolusi Sehat nan Simpel, Bisa Kamu Coba di Tahun 2020

Frieda Isyana Putri - detikHealth
8 resolusi sehat simpel yang bisa dicoba di tahun 2020. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - "New Year New Me" menjadi tagline banyak orang untuk memulai tahun yang baru dengan deretan resolusi yang ingin dicapai dalam 12 bulan ke depan. Tentu dengan kesadaran hidup sehat yang meningkat pasti masuk ke dalamnya; makan lebih sehat, olahraga rutin, dan turun berat badan.

Nutrisionis asal Sydney, Jessica Sepel, membagikan 8 resolusi sehat yang simpel yang bisa kamu coba tanpa perlu diet atau olahraga ketat. "(Resolusi) ini bisa membantumu menciptakan hubungan yang sehat dengan makanan dan tubuhmu, dan membuatmu lebih mungkin bisa mencapai tujuanmu," katanya, dikutip dari Daily Mail.

Berikut adalah 8 resolusi sehat yang ia buat, yang bisa kamu coba besok di tahun 2020:



1. Sesuaikan pola pikirmu seputar kesehatan

Tiap tahun pasti banyak yang ingin memulai gaya hidup sehatnya di tahun yang baru. Namun seiring berjalannya waktu, resolusi kita nampak tak jalan. Menurut Jessica, cobalah menganggap kesehatan bagaikan gaya hidup jangka panjang, bukan hanya sebentar atau untuk diet saja.

Jessica menyarankan membuat sedikit perubahan kecil tiap minggu yang nantinya akan menjadi kebiasaan, seperti memotong asupan kopi menjadi satu cangkir per harinya. Lalu, hindari angka atau jumlah, misal menghitung kalori maupun karbohidrat yang dimakan, dan sebagai gantinya fokus lah pada memakan nutrisi yang cukup dan makanan utuh.

2. Jangan tidak makan

Jessica menjelaskan bahwa melewatkan waktu makan bisa malah menyebabkan makan berlebihan dan menciptakan hubungan yang negatif dengan makanan. Sebagai gantinya ia menyarankan untuk makan dengan rutin dan memasukkan semua kelompok makanan setiap kali makan, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

3. Cari pengganti yang lebih sehat

Daripada membiarkan dirimu kelaparan akan makanan yang kamu suka, cobalah cari penggantinya yang lebih sehat. Misal nya mengganti roti putih atau pasta dengan jenis yang menggunakan gandum atau biji utuh.

"Jangan pernah membatasi dirimu untuk makan 'sempurna', karena tak ada yang namanya diet yan sempurna, dan kita ingin menjauhkan rasa kelaparan atau terbatasi," tutur Jessica.

4. Rutin masak sendiri

Daripada makan di luar atau memesan makanan secara online, Jessica menyebut lebih baik kita mencoba rutin memasak sendiri di rumah untuk memastikan kamu memenuhi kebutuhan nutrisi dengan memakan makanan utuh.


5. Ciptakan hubungan yang lebih sehat dengan tubuh

Jessica mengatakan kamu harus belajar menghubungkan kembali tubuhmu dengan 'apa yang diinginkan dan berkembang' seperti melakukan yoga, menjadwalkan waktu istirahat dan mendengarkan tubuh Anda.

"Menghubungkan kembali tubuhmu akan membantumu membuat pilihan yang lebih sehat dan menjaga gaya hidup sehat jangka panjang dalam menutrisikan (tubuh) bukan menghukumnya," ujarnya.

6. Perbanyak minum air

Merupakan saran yang sudah kita kenal dengan baik namun banyak yang lupa menjalankannya. Jessica menyebut saran ini sering diabaikan, padahal dampaknya pada kesehatan sangat besar. Bawalah botol ke manapun kamu pergi dan minum secara konsisten seharian.

7. Juga perbanyak istirahat

Stres berkontribusi pada kesehatan usus yang memburuk dan serangkaian penyakit, sehingga sangat esensial untuk memberikan tubuh waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri. Ia menyarankan untuk mengambil waktu beristirahat dari berolahraga dengan membaca buku, jadwalkan bertemu teman-teman, atau menjauhkan diri dari media sosial atau bahkan tidur siang.

8. Jangan lakukan sesi olahraga ketat

Jessica memberikan saran untuk menemukan olahraga yang kamu senangi daripada menghukum diri sendiri dengan olahraga yang menyulitkan.

"Apakah itu yoga, Pilates, tinju, HIIT, bergeraklah sesuai yang kamu senangi dan dapat menghargai tubuhmu sendiri," tandasnya.



Simak Video "Resolusi Hidup Sehat 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/fds)