Selasa, 31 Des 2019 18:00 WIB

Galau Malam Tahun Baru

Merasa Kesepian Saat Malam Tahun Baru? Ini Tips Psikolog

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Merasa kesepian di malam tahun baru? ini saran psikolog. (Foto: Istock)
Jakarta - Tapi, sebagian orang mungkin merasa kesepian saat melewati malam pergantian tahun. Mungkin tidak ada teman, sanak saudara jauh, atau kemungkinan lainnya. Menanggapinya psikolog menyarankan agar kita menggunakan waktu tersebut untuk menyusun rencana tahun baru.

"Jika merasa kesepian, banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Kamu bisa jadikan waktu sendiri itu untuk menyusun rencana yang ingin dicapai atau mengintrospeksi diri untuk menjadi lebih baik lagi," ujar psikolog Ayu Mandari pada detikcom, Selasa (31/12/19).


Ayu mengatakan coba untuk mengalihkan perhatian dengan melakukan hal-hal yang disukai misalnya membaca, nonton film, dan hobi lainnya. Jika itu bekerja dengan baik seseorang dengan sendirinya bisa menikmati quality time di mana saja.

Selain itu, mulai coba untuk absen atau istirahat dari ramainya media sosial. Berhenti membandingkan kehidupan kita dengan orang lain.

"Tapi, yang paling penting coba berpikir positif. Coba untuk berhenti membandingkan kehidupan kita dengan yang orang lain miliki. Itu akan merasa kamu jauh lebih baik," jelasnya.



Simak Video "Kata Psikolog Soal Siswi di Sulsel Dilecehkan Beramai-ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)