Selasa, 31 Des 2019 18:34 WIB

Ini Alasan Kenapa di Usia 30 Tubuh Merasa Cepat Lelah

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Menginjak usia 30-an, seringkali tubuh merasakan cepat lelah, padahal tidak melakukan aktivitas yang berat. Berbeda saat usia 20-an aktivitas dua kali lebih berat tidak merasa capek sedikitpun. Mengapa demikian?

"Kelelahan pada usia produktif bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti terlalu banyak beraktivitas sehingga lupa beristirahat. Tidur yang kurang, ada gangguan kesehatan serta kurang kalori atau makanan," ujar Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur kepada detikHealth baru-baru ini.

dr Muliaman mengatakan hal tersebut juga bisa terjadi karena penurunan massa otot dan meningkatnya lemak dalam tubuh yang membuat massa otot bekerja lebih keras dari biasanya. Inilah yang membuat tubuh menjadi mudah lelah.


"Sebab memasuki usia 30 tahunan beberapa organ fungsinya juga mulai menurun seperti pembuluh darah dan jantung. Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah menjadi lebih kaku sehingga jantung pun harus bekerja lebih keras untuk memompa darah," jelasnya

Ketika usia masuk 30 tahun ini, disebutnya risiko osteoporosis dapat terjadi lebih besar dan sendi di antara tulang juga mulai sedikit sehingga sering terjadi nyeri sendi. Sementara pada otot yang tidak dilatih dan tidak mendapatkan nutrisi dengan baik, mulai kendor usia ini.

Karena itu, dr Muliaman menyarankan ketika memasuki usia 30-40 tahun yang bisa dilakukan adalah memperlama proses penuaan tersebut. Proses penuaan ini harus dilawan walau tidak seberhasil dengan mencegahnya. Mulailah menjalani gaya hidup sehat agar dapat memaksimalkan fungsi tubuh seiring dengan pertambahan usia.


"Seperti banyak minum air putih, hindari stress kronis, tetap berolahraga 30 menit sehari, konsumsi makanan yang bergizi seperti protein yang tinggi, kalsium, omega 3 dan omega 6 antioksidan dan vitamin mineral lainnya," ungkap dr Muliaman.

Semua itu juga bisa didapat dengan mengonsumsi Entrasol Susu yang membantu melindungi tulang dan jantung dengan susu tinggi kalsium PLUS dengan PROFIT FORMULA (Power Bone dan Hytolive). Entrasol Susu mampu memenuhi kebutuhan kalsium harian agar tulang dan tubuh tetap sehat dan tidak mudah lelah lagi.

Simak Video "WHO Galang Solidaritas untuk Keadilan Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)