Rabu, 01 Jan 2020 07:28 WIB

5 Hal Ini Bisa Usir Kelelahan Akibat Begadang Saat Malam Tahun Baru

Nafilah Sri Sagita - detikHealth
Kurang tidur usai berpesta di malam tahun baru? Foto: Thinkstock
Jakarta - Mengawali hari pertama di tahun baru tentunya harus dilakukan dengan hal-hal positif, termasuk saat kamu bangun tidur. Meski semalaman kamu sudah lelah melakukan pesta barbeque (BBQ) bersama teman dan keluarga, bukan menjadi alasan kamu bermalas-malasan saat bangun tidur. Bermalas-malasan saat bangun tidur hanya akan membuatmu merasa semakin tidak bertenaga dalam menjalani hari pertamamu di awal tahun.

Apalagi jika kamu sudah memiliki banyak resolusi sehat di tahun baru. Tidak ingin kan resolusimu gagal di hari pertama? Jika menunda bangun tidur, semua aktivitasmu juga bisa tertunda dan terasa berat untuk menjalani hari pertama di awal tahun ini.

Berikut rangkuman detikcom dari beragam sumber untuk membuat badanmu terasa lebih segar saat bangun tidur:



1. Jangan pencet tombol 'snooze' pada alarm

Dengan memencet tombol snooze di alarm-mu, itu artinya kamu menunda bangun tidur. Sebaiknya hal ini harus dihindari, karena menunda bangun tidur hanya akan membuat tubuhmu semakin lemas dan nggak bertenaga menjalani hari. Jangan malah mematikan alarm dan memilih untuk kembali menarik selimut. Cobalah untuk bergegas bangun dari tempat tidur, dan bersemangat untuk menjalani hari baru di awal tahun.

2. Jangan melewatkan sarapan

Mungkin sebagian orang terbiasa melewatkan sarapan. Namun faktanya, melewatkan sarapan malah akan membuat tubuhmu terasa lemas dan tak bertenaga. Sebagian orang belum menyadari, ketika bangun tidur tubuh perlu asupan. Asupan sarapan sebagai sumber energi utama untuk menjalani harimu. Maka dari itu, meskipun tidak memiliki nafsu makan, kamu wajib sarapan. Namun, hindari gorengan dan asupan karbo terlalu banyak, bisa-bisa malah membuat kamu mengantuk seharian.

3. Usir rasa lelah dengan berolahraga

Sebagian orang bangun tidur dengan rasa lelah. Namun jangan biarkan rasa lelahmu dengan menunda bangun tidur. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan. Olahraga bisa menjadi solusi terbaik untuk membantu kamu lebih semangat dalam beraktivitas. Tubuh terasa lebih segar dan olahraga dapat membantu suasana hatimu jadi lebih baik.

4. Langsung minum segelas air

Minum segelas air saat perut masih kosong diakui punya manfaat kesehatan. Selain itu rasa segar yang menjalar dari kerongkongan ke perut akan membuat kamu lebih mudah terjaga. Ada baiknya sebelum tidur siapkan segelas air di samping tempat tidurmu, agar saat bangun tak ada alasan untuk tidak minum karena harus berjalan dulu ke ruang makan untuk mengambilnya.

5. Pikirkan sesuatu hal yang menyenangkan

Jika kamu terbangun dengan membayangkan harus berangkat ke tempat kerja yang tidak kamu suka, atau menemui bos yang membuatmu semakin merasa malas menjalani hari, bisa dipastikan kamu tak akan bangun tidur dengan perasaan bahagia. Cobalah memikirkan sesuatu yang menyenangkan dan mengasyikan yang bakal kamu lakukan di hari itu. Misalnya rencana bertemu dengan teman-teman sepulang kantor.





Simak Video "Beredar Kabar Terompet Tularkan Penyakit, Ini Faktanya!"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/frp)