Rabu, 01 Jan 2020 11:44 WIB

Kehujanan dan Basah Saat Banjir? Cegah Sakit dengan Lakukan Hal Berikut

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Banjir di Kemang Utara, Jakarta Selatan. Foto: Farih/detikcom
Jakarta - Sejumlah wilayah di Jabodetabek dilaporkan tergenang air alias banjir. Tak sengaja terjebak banjir saat berada di jalanan membuatmu otomatis kebasahan karena hujan dan genangan air.

Tubuh yang basah bisa membuat kekebalan tubuh menurun dan membuat kita rentan sakit. Oleh karena itu, dihimpun dari berbagai sumber oleh detikcom, lakukan 5 hal ini agar mencegah tubuh dari sakit:


1. Lepas pakaian basah dan segera bilas

Sesampainya di rumah atau di kantor, segera lepas pakaian, kaus kaki, dan pakaian dalam yang basah agar dingin tidak mencapai paru-parumu dan membuatmu batuk. Lalu pakailah handuk dan rendam kaki di air hangat untuk menyingkirkan segala macam bakteri dan kuman yang terkumpul dari genangan air dan jalanan becek.

Kamu juga bisa menggosok kakimu dengan garam untuk menyingkirkan infeksi yang bisa jadi terbawa. Setelah membersihkan kaki, segera mandi dengan air hangat untuk membersihkan kuman yang berada di tubuhmu, dan pastikan kamu menggunakan sabun dengan antiseptik.

2. Keringkan rambut

Usai mandi dan membersihkan tubuh, keringkan tubuhmu dengan benar agar tidak membuatmu terserang flu. Terutama rambut, lebih baik keringkan dengan menggunakan pengering rambut.

Karena hujan dan mandi menggunakan air hangat membuat kulitmu kering, gunakan pelembab atau losion untuk membuat kulitmu terhidrasi dan mencegah gatal-gatal atau infeksi.



3. Minum minuman panas

Minuman hangat merupakan salah satu pilihan tepat saat cuaca dingin terutama di musim hujan atau saat kehujanan. Siapkan segelas teh hangat agar membantu tubuhmu tetap hangat, tambahkan jahe bila perlu. Pilihan lainnya adalah membuat semangkuk sup hangat.

4. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Air secara tidak langsung mencegah dan kadang, bisa membantu menangani beberapa jenis penyakit. Dengan membuat tubuh tetap terhidrasi, air membantu mengatasi virus demam dan flu.

Hal ini disebabkan air 'membersihkan' tubuh dengan membuang kuman dan bakteri lewat ekskresi, seperti kencing dan keringat. Jagalah tubuhmu tetap terhidrasi, terutama usai kehujanan, minimal dengan meminum delapan gelas tiap harinya.

5. Penuhi asupan vitamin C

Banyak ahli percaya bahwa vitamin C bisa mencegah terjadinya demam. Jika kamu meminumnya secara rutin dengan dosis yang tepat, kamu bisa menyingkirkan beberapa gejala demam dan flu yang bisa jadi menantimu usai kehujanan di musim hujan ini.

Vitamin C bisa kamu dapat dengan meminum suplemen, buah jeruk, lemon, dan sayur-sayuran untuk meningkatkan sistem imun tubuhmu dan mencegahmu mudah terserang penyakit.



Simak Video "Rawan Hipotermia saat Banjir, Begini Cara Mencegahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)