Genangan Banjir di Mana-mana, Jangan Lupa Selalu Pakai Alas Kaki

ADVERTISEMENT

Genangan Banjir di Mana-mana, Jangan Lupa Selalu Pakai Alas Kaki

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rabu, 01 Jan 2020 16:01 WIB
Banjir di Jakarta 2020. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Hujan yang terus mengguyur sejak malam tadi membuat beberapa titik di daerah Jakarta bahkan Jabodetabek terendam banjir. Bagi yang ingin tetap berada di area rumah dan membantu proses evakuasi diharapkan untuk selalu menggunakan alas kaki.

"Saya selalu ingatkan jangan tidak pakai sepatu bot, jangan telanjang kaki. Di situ banyak kuman, banyak pecahan macam-macam yang bisa melukai Anda," kata dr Zaenal Abidin, MH, Ketua Ikatan Dokter Indonesia 2012-2015, kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Genangan air banjir yang kotor bisa menimbulkan penyakit kulit seperti gatal-gatal. Tak hanya itu, jika kaki terluka saat berada di genangan banjir, penyakit kencing tikus atau leptospirosis rentan tertular.


"Banjir itu kan banyak kotorannya. Saya ingatkan teman-teman sekalian kalau turun ke tempat banjir amankan diri sendiri dulu. Itu kalau tidak pakai sepatu bot bisa gatal-gatal kakinya karena kotor," sebut dr Zaenal.

Selain itu, selalu disarankan untuk menjaga higienitas saat terpapar banjir. Jika memang harus melalui air banjir, gunakan sepatu karet dan jangan lupa mencuci tangan dan kaki setelahnya.



Simak Video "Akses Kebanjiran, Puskesmas Mampang Layani Warga di Posko Pengungsian"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/frp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT